Tiga Mahasiswa USU Ciptakan Komposter Pintar, Mudahkan Pembuatan Pupuk Kompos

komposter model tong plastik masih menggunakan mode manual yang memakan waktu cukup lama, jadi kami ingin menciptakan sebuah komposter yang praktis

Tiga Mahasiswa USU Ciptakan Komposter Pintar, Mudahkan Pembuatan Pupuk Kompos
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Tiga Mahasiswa USU Ciptakan Komposter Pintar, Mudahkan Pembuatan Pupuk Kompos. Mahasiswa MIPA USU, Armansyah Putra, Ade Yaksa Apriza dan Paris Fadh Abdul Azis membuat Komposter Pintar dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. 

Tiga Mahasiswa USU Ciptakan Komposter Pintar, Mudahkan Pembuatan Pupuk Kompos

 
TRIBUN-MEDAN.com- Tiga Mahasiswa USU Ciptakan Komposter Pintar, Mudahkan Pembuatan Pupuk Kompos.

Memudahkan pembuatan pupuk organik secara otomatis dan terukur menjadi alasan bagi tiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) membuat Komposter Pintar.

Alat yang dibuat ketiga mahasiswa yang terdiri dari Armansyah Putra, Ade Yaksa Apriza dan Paris Fadh Abdul Azis memudahkan masyarakat terutama ibu rumah tangga dalam pembuatan pupuk kompos.

“Sebelumnya, komposter model tong plastik masih menggunakan mode manual yang memakan waktu cukup lama, jadi kami ingin menciptakan sebuah komposter yang praktis dan berteknologi,” ujar Ketua Tim, Armansyah Putra kepada Tribun, Selasa (20/8/2019).

Ia menjelaskan, dalam Komposter Pintar sudah menerapkan sistem otomatis yaitu pengadukan otomatis yang bekerja berdasarkan kendali suhu yang dilengkapi kontrol suhu dan juga Power of Hydrogen atau pH.

“Dan waktu pengomposan dengan Komposter Pintar ini akan menjadi cepat serta mudah digunakan, efisiensi waktu dan tentunya berteknologi,” jelasnya.

Baca: Polda Tahan Bos PT Rian Makmur Jaya Terkait Kasus Dugan Korupsi Sirkuit Atletik

Baca: Arif Budiman Ginting Doyan Curi Pikap dan Simpan Mobil-mobil Curiannya di Ladang Sawit

Baca: Dilantik 9 September, Anggota DPRD Asahan Terpilih Tak Dapat Pin Emas

Baca: Sempat Takluk dari Jabar, Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON 2020, Tim Putri Gagal

Komposter Pintar karya tiga mahasiswa jurusan Fisika tersebut juga dilengkapi dengan pengadukan otomatis yang dikendalikan oleh suhu sehingga lebih terukur dan lebih cepat.

“Dari awal pendesainan hingga mesin jadi dan bisa memproduksi pupuk cair, kami membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk penelitian produk inovasi ini,” tuturnya.

Baca: Main Ponsel Selama 10 Jam Setiap Hari, Mata Bocah 9 Tahun Ini jadi Juling

Baca: Syaiful Ramadhan jadi Saksi saat Wasit Candra Sebut Dirinya Diancam Oknum Pakai Pistol

Baca: Ustadz Abdul Somad (UAS): Habis Ini Tanya Jawab, tapi Jangan Pancing-pancing

Ia menerangkan, cara kerja Komposter Pintar yaitu sampah organik yang berasal dari sisa buah dan sayur dicacah lebih kecil dan kemudian masukan ke komposter. Setelahnyatambahkan campuran-campuran seperti bioktivator EM4.

“Tutup komposter, lalu lakukan pengaturan suhu untuk melakukan pengadukan, contoh suhu yang kita inginkan 35 derajat celcius. Kemudian biarkan komposter bekerja selama 20 hari dan lakukan pemanenan kompos,” terangnya.

Ia mengungkapkan, sejak awal mulai proses penelitian hingga selesai tidak mengalami kesulitan. Semua bisa dikerjakan secara maksimal, apalagi dibantu oleh dosen pembimbing yaitu Dr Tulus Ikhsan Nasution sehingga bisa selesai dengan baik.

Baca: Setelah Diperiksa Polisi Malaysia 10 Jam hingga Dini Hari, Akhirnya Zakir Naik Minta Maaf!

Baca: LAGI. . Kanit Reskrim Ditikam Saat Hendak Lakukan Penangkapan, Pelaku Tewas Ditembak

Baca: Naik Kelas, Dibuang PSMS Medan Aldino Justru Berlabuh di Bali United, Tambun ke Persiba

“Untuk kesulitan selama penelitian tidak ada, tinggal pengembangan saja yaitu melengkapi dengan sistem IOT yang dikendalikan oleh Android dan hingga kini masih dalam tahap pembuatan aplikasi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini ketiganya sedang melakukan persiapan untuk membawa Komposter Pintar mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Universitas Udayana Bali.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved