Gempa Bumi Guncang Nias Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

Edison menjelaskan bahwa berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempabumi tersebut Dirasakan di Teluk Dalam II-III MMI.

Gempa Bumi Guncang Nias Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami
earthquaketrack.com
Lokasi gempabumi di Nias. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Nias Selatan dan sekitarnya, pada Selasa, (27/8/2019) siang.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 14:05:50 WIB dengan kekuatan M=4.5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.74 LU dan 98.12 BT, tepatnya di laut 38 km TimurLaut Nias Selatan-Nias Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 7 kilometer.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si mengatakan bahwa ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal.

"Gempa bumi ini akibat aktivitas Subduksi antara Lempeng IndoAustralia dengan Lempeng Eurasia yang menyebabkan terjadi deformasi batuan. Sehingga memicu terjadinya gempabumi," kata Edison, Selasa (27/8/2019).

"Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya Tsunami," sambungnya.

Edison menjelaskan bahwa berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempabumi tersebut Dirasakan di Teluk Dalam II-III MMI.

Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di Nias yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 14:44:20 WIB, belum ada aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," tutup Edison.

(mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved