BJ Habibie Meninggal, Mahathir Mohamad Turut Berduka Cita: Kepergiannya Kehilangan Besar

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengucapkan duka cita mendalam atas kepergian Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie.

BJ Habibie Meninggal, Mahathir Mohamad Turut Berduka Cita: Kepergiannya Kehilangan Besar
Antara
BJ Habibie saat bersama PM Malaysia Mahathir Mohamad 

TRIBUN-MEDAN.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengucapkan duka cita mendalam atas kepergian Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie.

Mahathir mengungkapkan bahwa kepergian Habibie merupakan kehilangan besar terutama bagi seluruh warga Indonesia.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya pemergiannya satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas Rohnya. Al Fatihah," tulis Mahathir dalam cuitannya di Twitter.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat hari ini, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemerintah menyatakan berkabung nasional selama 3 hari, dimulai sejak hari ini hingga Sabtu (14/9/2019).

"Kami mengimbau masyarakat, juga kantor-kantor lembaga negara dan pemerintah baik di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga 14 September," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Rabu.

Menurut Pratikno, pemerintah sedang berkoordinasi untuk prosesi pemakaman BJ Habibie yang direncanakan akan berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Informasi mengenai Habibie meninggal dunia disampaikan putra Habibie, Thareq Kemal.

Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

"Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak-anak beliau, sudah di tempat," ujar Rusli, saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto.

"Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi," kata Gubernur Gorontalo itu.

Rusli pun meminta semua rakyat Indonesia mendoakan kesehatan beliau.

“Tadi juga Pak Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR) pimpin doa. Ada keluarga yang lagi mengaji. Keluarga sudah kumpul semua," kata dia.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Penulis: Juang Naibaho
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved