Gempa Bermagnitudo 6,8 Guncang Seram Barat, Jalan Sepanjang 100 Meter Terbelah

Gempa yang sangat kuat dirasakan itu juga mengakibatkan sebuah jalan sepanjang lebih dari 100 meter di Desa Kairatu, terbelah.

Gempa Bermagnitudo 6,8 Guncang Seram Barat, Jalan Sepanjang 100 Meter Terbelah
KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY
Kondisi tanah yang terbelah di Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, pascagempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang wilayah tersebut, Kamis (26/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Gempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa.

Gempa bumi merusak rumah warga, sekolah, rumah ibadah dan fasilitas publik lainnya.

Gempa yang sangat kuat dirasakan itu juga mengakibatkan sebuah jalan sepanjang lebih dari 100 meter di Desa Kairatu, terbelah. 

Saat berada di Kairatu pada Minggu (6/10/2019), Kompas.com ikut mendatangi lokasi tersebut dan menyaksikan langsung kondisi jalan yang rusak parah akibat getaran gempa bumi.

Berdasarkan pantauan, tampak jalan yang menghubungkan permukiman warga ke arah pantai Kairatu itu terbelah tidak beraturan.

Pada beberapa bagian, lubang dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

Sementara, di sekitar lokasi tersebut, banyak bidang tanah yang mengalami retak.

Salah seorang warga setempat, Amin Piris mengatakan, warga baru mengetahui jalan tersebut terbelah, sekitar sehari setelah gempa tersebut terjadi.

"Besoknya setelah gempa, baru kita tahu ada jalan yang terbelah seperti itu,"¬Ěkata Amin kepada Kompas.com.

Kondisi tanah yang terbelah di Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, pasca gempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang wilayah tersebut, Kamis (26/9/2019).
Kondisi tanah yang terbelah di Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, pasca gempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang wilayah tersebut, Kamis (26/9/2019).(KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY)

Saat ini, warga mulai khawatir dengan kondisi tanah di kawasan itu.

Halaman
1234
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved