Mahasiswa UMSU Jalani Sidang Kasus Kabar Bohong, Umumkan Demonstran di DPRD Sumut Tewas Tertembak

Fajar Mursalin (20) menjalani sidang kasus penyebaran kabar bohong di Pengadilan Negeri Medan, Jumat (31/1/2020).

Tribun Medan/Alif Al Qadri Harahap
Fajar menunduk saat mendengarkan dakwaan JPU kepada dirinya yang terjerat UU ITE Jumat, (31/1/2020) 

TRIBUN-MEDAN.com - Fajar Mursalin (20) menjalani sidang kasus penyebaran kabar bohong di Pengadilan Negeri Medan, Jumat (31/1/2020).

Saksi dari kepolisian, Yudi Pranata mengatakan kepada hakim, bahwa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) itu telah ikut ambil dalam penyebaran berita bohong.

Sebab ia telah meneruskan dan memprovokasi teman-temannya dengan informasi di grup WhatsApp.

"Dia (terdakwa) telah menyebarkan berita yang tidak benar yang mulia, sebab dalam cuitan tersebut menjelaskan bahwasanya kepolisian menggunakan pEluru tajam," jelas Yudi kepada hakim.

"Dalam SOP kami, tidak dibenarkan untuk membawa senjata selain dari gas air mata," ujarnya.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diketahui Nelson Victor membacakan dakwaan di depan Majelis Hakim yang diketahui Erintuah Damanik.

Awalnya, pada hari Jumat tanggal 27 September 2019 terjadi peristiwa unjuk rasa yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Medan, di Gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk menolak RUU KPK.

Sore itu, situasi tidak terkendali dan terjadilah kericuhan yang mengakibatkan pihak aparat keamanan melakukan tindakan pengamanan dengan melakukan tembakan gas air mata dan water-canon.

Kebetulan terdakwa berpapasan dengan rombongan mahasiswa yang saat itu melakukan aksi di depan DPRD Sumut, dan terdakwa melihat di salah satu berita di media sosial, bahwasanya teman-teman satu kampusnya turut ambil dalam unjuk rasa.

"Terdakwa yang saat itu berada di dalam angkutan umum dari kampusnya menuju tempat pelatihan di Jalan Demak, kebetulan angkutan umum yang ditumpangi oleh terdakwa berpapasan dengan rombongan mahasiswa yang berjalan dengan cara berkonvoi dari arah kantor DPRD Sumatera Utara," kata JPU.

Halaman
12
Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved