Food Heroes, Aksi Kaum Muda Medan agar Makanan Tak Terbuang Sia-Sia

Pada saat di pesta pernikahan ataupun di kegiatan-kegiatan besar, tidak jarang banyak makanan yang terbuang ketika berlebihan.

Food Heroes, Aksi Kaum Muda Medan agar Makanan Tak Terbuang Sia-Sia
Dokumentasi Food Heroes
Dokumentasi kegiatan Food Heroes dalam menyelamatkan makanan yang berpotensi menjadi sampah beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pada saat di pesta pernikahan ataupun di kegiatan-kegiatan besar, tidak jarang banyak makanan yang terbuang ketika berlebihan. Melihat hal tersebut, Food Truck Sedekah berinisiatif untuk melakukan pergerakan bernama Food Heroes.

Food Heroes ini merupakan sebuah gerakan penyelamatan makanan yang dipelopori oleh Food Truck Sedekah untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Bentuk penyelamatannya melalui acara dan kegiatan besar seperti pernikahan, syukuran, arisan, dan seminar.

Project Leader Food Heroes, Aprilia mengungkapkan bahwa awal kegiatan Food Heroes ini tercetus ketika seorang penjual telur ingin menyumbangkan telur yang tidak memenuhi kriteria pasar.

"Awal mulanya kita mendapatkan telpon dari suplier telur ayam. Mereka ingin menyumbangkan telur-telurnya yang tidak dapat dijual karena bentuknya kecil (tidak sesuai di pasaran)."

"Tim Food Truck Sedekah langsung menuju lokasi dan Alhamdulillah mereka menyumbangkan ±10 papan telur. Berdasarkan keterangan dari suplier tersebut, jika telur tidak disumbangkan maka akan dibuang begitu saja," ungkap Aprilia, Minggu (9/2/2020).

Food Heroes ini dimulai sejak Februari 2019 lalu dengan memiliki kriteria makanan seperti halal, bersih, dan layak dikonsumsi. Aprilia menuturkan bahwa untuk mempermudah aksi Food Heroes ini, Ia bekerja sama dengan tim event organizer.

"Alhamdulillah kita sudah bekerja sama dengan beberapa Wedding Organizer dan Catering, jadi ketika ada event yg makanannya berlebih mereka menghubungi kita, dan pastinya dengan izin dari mempelai dan keluarga," tuturnya.

Project Food Heroes ini sudah berjalan dengan menyalurkan makanan ke berbagai lembaga, seperti Panti Asuhan, Masyarakat Pra Sejahtera di beberapa lokasi, dan masyarakat yang sedang berada di pinggir jalan.

Aprilia menuturkan bahwa kegiatan rutin Food Heroes ini rutin diadakan hampir sebulan sekali yaitu aksi kampanye penyelamatan makanan di Lapangan Merdeka.

Menjadi penggerak dalam menyelamatkan makanan juga meninggalkan pengalaman haru saat melakukan aksi penyelamatan.
Aprilia menuturkan bahwa ia dan tim sampai tidak sanggup untuk menyelamatkan seluruh makanan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved