Cerita Kehidupan

Kisah Pilu Lukas Sitanggang Pemulung Berpenyakit Kronis Tak Bisa Gunakan KIS dan Ditolak Rumah Sakit

Pria yang tinggal di pinggiran rel kereta api itu menuturkan kisah penolakan rumah sakit kepadanya.

Kisah Pilu Lukas Sitanggang Pemulung Berpenyakit Kronis Tak Bisa Gunakan KIS dan Ditolak Rumah Sakit
TRIBUN-MEDAN/ FATAH BAGINDA GORBY
Lukas Sitanggang (60), seorang pemulung barang bekas, warga Jalan Cempaka Rel Lingkungan III, Tanjunggusta Medan menunjukkan KIS yang dimilikinya. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan, Fatah Baginda Gorby

'UNTUNG tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak', mungkin inilah peribahasa yang dapat disematkan kepada Lukas Sitanggang (60), seorang pemulung barang bekas, warga Jalan Cempaka Rel Lingkungan III, Tanjunggusta Medan.

Betapa tidak? Lukas tak dapat berkonsultasi mengenai penyakit yang dideritanya sejak enam bulan lalu karena Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dimilikinya tak dapat digunakan.

Pria lima anak itu mengeluhkan dadanya yang terasa sesak setiap malam, keringat bercucuran sepanjang hari, demam tiada henti, dan batuk parah.

"Saya tak tahu saya sakit apa. Kemarin waktu kami periksa ke klinik ada lemak di hati dan paru-paru terganggu," katanya, Selasa (11/2/2020).

Sambil mengelus dadanya dan batuk sesekali, pria yang tinggal di pinggiran rel kereta api itu menuturkan kisah penolakan rumah sakit kepadanya.

"Kami ditolak rumah sakit, karena rumah sakit mengatakan Kartu Indonesia Sehat (KIS)-nya tak bisa dipakai, belum aktif," imbuhnya.

Lukas mengatakan, sebenarnya ia beserta istri dan anaknya telah terdaftar sebagai warga miskin sejak lama. Namun segala fasilitas seperti KIS, Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan pemerintah tak dapat dipakai.

"Terpaksa kami mau tak mau membayar secara mandiri BPJS namun kami tak sanggup. Berapalah hasil botot bang," ungkapnya.

Lukas menuturkan, ia bersama sang istri tercinta, Hotlan Hermina Limbong berinisiatif mendatangi Dinas Sosial untuk memastikan keluarganya sebagai penerima bantuan.

Halaman
123
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved