Penyebab Ban Motor Matik Punya Ukuran Kecil dibandingkan Motor Sport

Ukuran ban ini jelas berbeda dengan jenis kendaraan lain seperti motor bebek atau sport yang menggunakan ukuran ban lebih besar.

Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi motor 

Penyebab Ban Motor Matik Punya Ukuran Kecil dibandingkan Motor Sport

TRIBUN-MEDAN.com - Sepeda motor matik menjadi kendaraan roda dua yang paling laris saat ini dan mengalahkan jenis yang lain, seperti bebek maupun motor sport.

Hal ini salah satunya disebabkan karena kemudahan dalam penggunaannya. Di samping itu motor dengan transmisi otomatis ini juga bisa dipakai oleh semua kalangan baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Sehingga, banyak konsumen yang kemudian beralih untuk menggunakan motor matik. Tetapi, kadang muncul pertanyaan kenapa sepeda motor matik ini menggunakan ukuran ban yang kecil.

Seperti ring 12 inchi, 13 inchi dan juga 14 inchi dan sangat jarang ada motor matik yang menggunakan ukurang ban di atas 14 inchi.

Ukuran ban ini jelas berbeda dengan jenis kendaraan lain seperti motor bebek atau sport yang menggunakan ukuran ban lebih besar. 

Seperti ukuran 17 inchi, 18 inchi, bahkan sampai 19 inchi untuk motor petualang atau trail. Kepala Mekanik AHASS Cahaya Sakti Motor, Sragen, Jawa Tengah ( Jateng) Joko Purnomo menjelaskan, pemilihan ukuran ban ini bukan tanpa alasan.

Tetapi sudah melalui pertimbangan yang cukup matang sehingga motor matik bisa nyaman saat dikendarai.

“Motor matik memang dikhususkan untuk motor yang digunakan di perkotaan, di kompleks perumahan atau hanya digunakan untuk jarak dekat saja,” kata Joko saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Sehingga, Joko menambahkan, ban yang digunakan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ban motor pada umumnya seperti motor bebek atau motorsport.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved