News Video

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Try To Zero Waste dan Roda Hijau Tur Edukatif Jejak Sampah

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, komunitas Try To Zero Waste (TTZW) Medan bersama Roda Hijau mengadakan Tur Edukatif bertajuk Jejak Sampah

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Try To Zero Waste dan Roda Hijau Tur Edukatif Jejak Sampah

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, komunitas Try To Zero Waste (TTZW) Medan bersama Roda Hijau mengadakan Tur Edukatif bertajuk Jejak Sampah yang diadakan di TPA Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (22/2/2020).

Wilda Cahyani dari TTZW Medan mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya di Kota Medan tentang bagaimana alur sampah yang dihasilkannya.

Hal ini, menurut Wilda menjadi hal yang penting untuk membuka kembali cara pandang terhadap setiap sampah yang dihasilkan dari tempat paling kecil yakni rumah masing-masing.

"Pada tanggal 21 Februari itu diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional, berangkat dari keresahan terhadap masalah sampah yang ada kita merasa perlu membuat sesuatu," ujar Wilda kepada Tribun Medan.

"Berkolaborasi dengan Rosa Hijau kita adakan tur edukatif ke TPA. Nah kenapa harus ke TPA karena sekarang pengetahuan tentang di mana sampah berakhir itu masing kurang di masyarakat, oleh karena itu kesadaran untuk bertanggung jawa terhadap sampahnya juga masih sangat kurang," sambungnya.

Selain untuk menambah kesadaran terhadap sampah yang dihasilkan, TPA Kutalimbaru dipilih sebagai lokasi tur edukatif juga untuk menambah wawasan mengenai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Undang-Undang tahun 2008.

"Kenapa kami pilih TPA Kutalimbaru karena ingin mengedepankan aspek edukasinya, kalau TPA yang di Medan kan masih dengan sistem pen dumping, sementara yang di Deli Serdang ini sudah menerapkan sistem sanitary landfill di mana sesuai dengan yang direkomendasikan Undang-Undang tahun 2008, di mana sistem yang digunakan itu sampah dikumpulkan dan ditimbun dengan tanah," katanya.

Selain tur edukatif, terang Wilda rangkaian kegiatan juga ada materi mengenai pengelolaan sampah yang dibawakan oleh Stella dari Roda Hijau dan Gaya Hidup Minim Sampah yang dibawakan oleh Khairunisa dari Try To Zero Waste Medan.

Kegiatan pemaparan materi ini dilakukan di Alifa Creative Space Jalan Brigjen Katamso Medan.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved