Breaking News:

Pos SAR Ajibata Resmi Berdiri, Berikan Pertolongan Gratis 24 Jam

Badan SAR Nasional (Basarnas) RI resmi mendirikan Pos SAR di Dermaga Ajibata, Kabupaten Toba

TRIBUN MEDAN/ALIJA
SESTAMA Dianta Bangun dan Wakil Bupati Toba Hulman Sitorus saat meresmikan Pos SAR Ajibata. 

TRI BUN-MEDAN.com, TOBA - Badan SAR Nasional (Basarnas) RI resmi mendirikan Pos SAR di Dermaga Ajibata, Kabupaten Toba sebagai upaya penguatan pengawasan dan penyelamatan bencana untuk berbagai aktivitas di seluruh Kawasan Danau Toba.

Pos SAR ini akan beroperasi 24 jam tanpa henti secara gratis.

Peresmian ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Utama Basarnas RI, Dianta Bangun.

Dianta menegaskan tidak ada tawar menawar dalam melakukan pertolongan kepada setiap warga yang membutuhkan.

"Ini juga sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam sektor pariwisata. Kalau kesiap-siagaan itu 1 x 24 jam tidak bisa ditawar-tawar lagi," katanya.

Dianta didampingi Direktur Operasi dan Latihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Untung Budiharto dan jajarannya. 

Dikatakan Dianta, Pos SAR Ajibata adalah pos satu-satunya yang ada di Danau Toba.

Lonjakan Penumpang di Penyeberangan Samosir ke Ajibata Saat Arus Balik Libur Nataru

Pos SAR Ajibata nantinya akan melayani setiap sisi Danau Toba atau tujuh Kabupaten yang ada di Danau Toba.

Bahkan bila diperlukan, Dianta menginstruksikan petugas SAR Ajibata harus mampu memberikan pertolongan ke luar kawasan ini saat diperlukan.

Dianta mengatakan tidak ada pos cabang di tempat lain. Pendirian Pos SAR di Ajibata ini merupakan upaya awal dalam penguatan SDM dan Fasilitas.

"Sementara ini kita memperkuat SDM dan Fasilitas dulu di sini," tambahnya.

Basarnas RI telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemkab Toba dalam upaya pengawasan dan penyelamatan di Danau Toba. Sebuah helikopter akan disiagakan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Kita ada 16 personel di sini. Ada kapal berukuran 14 meter, ada Speedboat dan perahu karet. Kemudian nanti ada Helikopter yang ready setiap dibutuhkan. Helikopter ini nantinya standby di Medan," katanya.

Pemkab Toba yang diwakili Wakil Bupati Hulman Sitorus mengatakan dukungan pihaknya dalam peresmian Pos SAR Ajibata dibuktikan dengan menyediakan lahan berdirinya pos ini sejak tahun lalu.

"Kita akan mendukung setiap tugas Basarnas. Kemudian lahannya ini sendiri sudah tahun lalu kita sediakan untuk didirikan pos ini," jelasnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan SAR dapat menghubungi Call Center di nomor 115 secara gratis. Pelayanan akan diberikan tanpa tawar menawar.(mag/tri bun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved