Seminggu Bertambah 210 ODP Corona di Binjai, Data per Jumat Positif 1 Orang, ODP 227, Karantina 3

Jumat (27/3/2020), terdata 227 Orang Dalam Pemantauan (ODP), Karantina tiga orang, dan satu orang positif Covid-19.

TRIBUN MEDAN/DEDY
SUASANA posko Covid-19 di Kota Binjai 

Laporan Wartawan Tri bun Medan / Dedy Kurniawan

TRI BUN-MEDAN.com, BINJAI - Kota Binjai sudah mengambil kebijakan siaga darurat non-bencana menyikapi wabah pandemi Corona.

Info teranyar jumlah terdampak corona di Binjai, dikutip dari laman binjaikota.go.id, Jumat (27/3/2020), terdata 227 Orang Dalam Pemantauan (ODP), Karantina tiga orang, dan satu orang positif Covid-19.

Sejumlah Tim Gugus terus siaga 24 jam di Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Binjai.

Jumlah peningkatan ODP terbilang cepat, pada Jumat (20/3/2020) lalu hanya ada 17 warga Binjai yang berstatus ODP. Dalam tempo sepekan, jumlah ODP melonjak jadi 210 orang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Binjai, Ahmad Yani menjelaskan, dari jumlah ODP, seorang dinyatakan sudah sehat.

Sementara yang lainnya masih tetap dalam pantauan.

"Mereka yang dipantau ini setelah habis melakukan berpergian ke luar negeri, ke Malaysia, Yerusalem, Turki, Thailand, Dubai, India, dan Kamboja. Tak hanya itu, juga ada berpergian dalam negeri," katanya.

Pemerintah Kota Binjai sudah memfasilitasi masyarakat yang mengalami gejala flu dan demam atau sejenisnya yang termasuk gejala Covid-19 dengan menyiapkan rumah sementara yang berlokasi di MTQ Kota Binjai di Kecamatan Binjai Timur.

Rumah tinggal sementara itu terdapat fasilitas yang cukup.

Di rumah itu, masyarakat yang mengalami gejala dan harus diisolasi, baru boleh pulang setelah dinyatakan sehat kembali. Lokasi ini bukan tempat untuk pasien Covid-19, melainkan tempat untuk rumah sementara bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan sejenis gejala flu dan gejala Covid-19.

"Di rumah sementara ini, terdapat fasilitas tempat tidur, AC, TV, perawatan medis, konseling, makan dan minum, hiburan hingga olahraga. Ini gratis. Tidak dipungut biaya," kata Sekda.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved