Produktif saat Physical Distancing, Komunitas Rumpi Sumut Ajak Pemuda Ikut #30HariProduktif

Komunitas Rumpi Sumut berinisiatif untuk mengajak para pemuda untuk produktif melakukan aktivitas berupa challenge #30hariproduktif selama 30 hari.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI kegiatan Komunitas Rumpi Sumut beberapa waktu lalu. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Penerapan kebijakan physical distancing yang berjalan beberapa minggu belakangan ini membuat masyarakat mulai merasakan jenuh dengan aktivitas yang hanya berkutat di rumah saja.

Melihat hal tersebut, Komunitas Ruang Mahasiswa Pemikir (Rumpi) Sumut berinisiatif untuk mengajak para pemuda untuk produktif melakukan aktivitas berupa challenge #30hariproduktif selama 30 hari.

Founder Rumpi Sumut, Muslim Hidayat mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat masyarakat khususnya pemuda untuk terus aktif walau menjalankan physical distancing di rumah.

"Nah yang melatarbelakangi kegiatan ini kak, apa hal yang bermanfaat yang mau kami buat selama #dirumah aja. Terpikirlah program ini. Karena kami komunitas literasi terpikirlah ini. Saya sendiri terlintas malamnya. Kemudian paginya langsung diskusi di grub dan besoknya langsung naik flayer pemberitahuan," ungkap Muslim, Senin (6/4/2020).

Muslim menjelaskan konsep kegiatan #30hariproduktif ini adalah para peserta memiliki peluang untuk ikut dengan mengirimkan cerita yang menarik setiap harinya baik cerita sehari-hari ataupun mereview sesuatu.

"Untuk konsepnya kita sederhana, kawan-kawan dimana saja boleh ikut untuk ngeblog bareng di Instagram. Caranya yaitu tulis apa saja cerita baik itu cerita keseharian, review, atau apa saja yang penting cerita yang menarik," jelasnya.

Muslim juga menuturkan bahwa dalam kegiatan ini, Rumpi Sumut akan memberikan tema-tema yang berbeda tiap tiga hari sekali dan wajib untuk menandai komunitas Rumpi Sumut.

"Berkaitan dengan tema, untuk tiga hari sekali kita adakan tema biar lebih tertantang. Dan pastikan buat tagar #30hariproduktif, #dirumahaja, #ruangmahasiswapemikiran. Jangan lupa tag @rumpi_sumut agar tulisan yang menarik akan kita repost," ujar Muslim.

Senada dengan Muslim, anggota Rumpi Sumut #30hariproduktif Anik Meilinda juga mengungkapkan bahwa kegiatan #30hariproduktif merupakan wadah yang tepat untuk anak muda mengekspresikan diri di tengah pandemi saat ini.

"Dengan mengikuti challenge itu, anak-anak kayak aku yang tiap hari buka instagram tidak hanya bisa nikmatin informasi doang. Tapi kita juga harus memberikan impact untuk orang lain. Setidaknya agar meredam kepanikan warganet di tengah wabah ini dengan melahirkan konten-konten kreatif," kata Anik.

Covid-19 Paksa Warga Social Distancing & Berdiam di Rumah, Akibatnya Angka KDRT di Dunia Meningkat

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved