JR Saragih Persilakan TKI Datang ke Simalungun, Namun Harus Masuk Ruang Isolasi

TKI yang selama ini bekerja di Malaysia mulai pulang kampung dan dikhawatirkan membawa virus Corona

Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Bupati Simalungun JR Saragih mengumumkan dua warga positif Covid-19, Senin (13/4/2020) di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Simalungun. 

RAYA,TRIBUN-Jelang lebaran nanti, diprediksi jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung ke Sumatera Utara setelah bekerja di Malaysia akan membludak.

Untuk mengantisipasi itu, Pemkab Simalungun saat ini sudah menyiapkan lokasi isolasi mandiri bagi para TKI yang lokasinya di Desa Batu Dua Puluh, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun.

Marak Pinjaman Online Ilegal di Tengah Virus Corona, Satgas Temukan 81 Aplikasi, Berikut Daftarnya

Bupati Simalungun, JR Saragih mengatakan, pengadaan tempat isolasi mandiri ini perlu disiagakan bilamana jumlah pendatang dari luar Simalungun jumlahnya membludak.

"Pemkab Simalungun mempersiapkan tempat isolasi mandiri bagi warga yang datang dari luar daerah atau tetap memaksakan diri mudik, serta para TKI, untuk memudahkan pemantauan kondisi kesehatannya sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19," kata JR Saragih, Selasa (28/4/2020).

Di Tengah Pandemi Corona, 14 anggota DPRD Deliserdang Tetap Reses Meski Tidak Sesuai Mekanisme

JR yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun ini menambahkan, pemerintah daerah mengharapkan dukungan masyarakat mencegah penyebaran virus Covid-19.

Salah satunya dengan melapor atas kesadaran sendiri jika masuk ke Simalungun dari daerah atau negara yang sedang dilanda pandemi virus Corona.

Pemerintah daerah juga meminta kepala desa, dan kepala dusun untuk ikut memantau dan melaporkan pendatang baru di wilayahnya.

Sementara itu, menurut Akmal Siregar, tempat isolasi ini memiliki 17 ruang dengan kapasitas 200 tempat tidur.

Pimpin Gerakan Anti-Lockdown, Wanita ini Malah Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona

"Penyiapan lokasi isolasi mandiri ini merupakan langkah cepat untuk penanggulangan Covid 19, memutus rantai penyebaran yang bisa saja ditularkan oleh pendatang.

Sehingga kondisi kesehatannya harus dipantau ketat saat masuk ke kabupaten Simalungun," sebut Akmal.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved