Breaking News:

UPDATE Covid19 Sumut 10 Mei 2020

Satgas Covid19 Karo Keluarkan Peraturan Tegas, Wajib Masker di Kawasan Pusat Pasar

Surat edaran tersebut terdiri dari beberapa aturan yang ditujukan baik kepada pedagang maupun kepada pembeli.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
SUASANA aktivitas jual beli di pusat pasar Kabanjahe, Jalan Kapten Bangsi Sembiring, Kabanjahe, Minggu (10/5/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Satuan Gugus Tugas (Satgus) Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, mengeluarkan aturan mengenai langkah pencegahan penyebaran virus Corona di kawasan pusat pasar.

Diketahui, aturan ini dikeluarkan melalui surat edaran melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karo, terhitung sejak Jumat (8/5/2020) kemarin.

Surat edaran tersebut terdiri dari beberapa aturan yang ditujukan baik kepada pedagang maupun kepada pembeli.

Diantaranya pedagang dan pembeli diimbau untuk menggunakan masker, mencuci tangan, mengatur jarak sekitar 1,5 meter.

Kemudian, tidak berkerumun dan membudayakan antre, menjaga kebersihan, tidak menaikkan harga, dan pedagang diimbau dapat mencoba untuk berjualan secara online.

Namun, dari beberapa imbauan yang dikeluarkan ini ada satu imbauan dan aturan yang dapat dikatakan tegas.

Pasalnya, pada bagian terakhir di surat edaran tersebut, bagi pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker, tidak diperkenankan masuk ke pasar.

Diketahui, aturan ini akan diberlakukan terhitung Senin (11/5/2020) esok hari.

Ketika ditanya perihal surat edaran ini, Pelaksana Harian (Plh) Ketua Satgus percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karo Martin Sitepu, mengungkapkan sebenarnya untuk aturan ini sudah diberlakukan secara tesirat sejak pandemi Covid-19 merebak.

Namun, memang melihat banyaknya masyarakat yang terkesan acuh terhadap pandemi ini, maka pihaknya membuat aturan yang lebih tega lagi.

"Sebenarnya terkait penggunaan masker di semua tempat termasuk pasar, kan sudah kita berikan imbauan kepada masyarakat. Ya aturan ini juga kita buat untuk menertibkan lagi masyarakat yang masih terkesan acuh," ujar Martin, Minggu (10/5/2020).

Data Terbaru Covid-19 di Sumut Jumlah Pasien Positif 179 Orang, Pasien Meninggal Bertambah 3

Martin menjelaskan, untuk aturan tegas mengenai masyarakat yang tidak menggunakan masker memang masih bersifat preventif.

Dirinya mengatakan, aturan ini juga dibuat demi kepentingan masyarakat bersama untuk sama-sama mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Karo.

"Ini juga aturannya kan bukan yang melanggar aturan akan terkena hukum, tapi masih sebatas seperti sanksi sosial saja. Dan penetapan ini kita lakukan secara bertahap lah, pelan-pelan akan kita berikan pemahaman lagi kepada masyarakat," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved