Update Kapal Tanker Terbakar di Belawan

Penyebab Kapal Tanker Terbakar di Belawan, Kapolda Ungkap Penyelidikan Sementara, Periksa 12 Orang

Tim laboratorium forensik cabang Medan belum bisa masuk ke lokasi karena kondisi yang belum memungkinkan masih panas

TRI BUN MEDAN/RISKI CAHYADI
Kapal MT JAG LEELA yang terbakar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (11/5/2020).TRI BUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Polda Sumut mengungkap perkembangan penyelidikan terkait ledakan dan kebakaran Kapal Tanker MT Jag Leela di Belawan, yang menewaskan 7 pekerja teknisi.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan,  musibah tersebut kecelakaan kerja, namun polisi akan mencari tahu asal munculnya api.

"Disini juga dari perusahaan juga ada, untuk sementara Polda Sumatera Utara menetapkan bahwa ini kecelakaan kerja. Namun untuk meneliti asal usul api, tim laboratorium forensik cabang Medan akan membuktikannya," tuturnya, Rabu (13/5/2020). 

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat memimpin konferensi pers pengembalian 7 jenazah korban terbakarnya kapal tanker, di RS Bhayangkara Medan, Selasa (12/5/2020) malam.
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat memimpin konferensi pers pengembalian 7 jenazah korban terbakarnya kapal tanker, di RS Bhayangkara Medan, Selasa (12/5/2020) malam. (Tri bun-Medan.com/Victory Hutauruk)

Martuani membeberkan adanya kendala karena hingga kemarin, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) belum dapat masuk ke dalam kapal. 

"Hingga hari ini tim laboratorium forensik cabang Medan belum bisa masuk ke lokasi karena kondisi yang belum memungkinkan masih panas sehingga kita tim yang akan memeriksa penyebab kebakaran belum bisa masuk hingga kemarin. Mudah-mudahan dalam waktu 24 jam kondisi kapal sudah mendingin maka tim kita akan masuk," tegasnya. 

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa hingga saat ini ada total 29 korban, 7 di antaranya tewas dari terbakarnya kapal tanker di galangan kapal milik Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan tersebut. 

"Bahwa sampai hari ini perlu saya sampaikan dari 29 korban ada 15 rawat, 7 rawat inap dan 7 meninggal dunia. Kami Polda Sumut ucapkan duka cita yang mendalam. Kami membantu sepenuhnya termasuk perusahaan untuk prosesi pengantaran jenazah," bebernya. 

Ia menyebutkan hari ini, tim labfor dan kepolisian akan segera menyelidiki ke dalam kapal 

"Hari ini Labfor cabang Medan dan Polres Belawan akan kembali mencoba masuk," tuturnya. 

Martuani juga menegaskan telah memeriksa 12 orang untuk mengungkap penyebab terbakarnya Kapal Tanker MT Jag Leela di Pelabuhan Belawan Medan.

"Sampai saat ini Kapolres Pelabuhan Belawan sudah memeriksa 12 orang," katanya. 

Ia juga menegaskan agar pihak perusahaan dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengungkap penyebab kebakaran.

Operasi Ketupat Toba 2020, Polda Sumut Antisipasi Pemudik dan Orang Keluar - Masuk Sumut

(vic/tri bunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved