Breaking News:

Ramadhan 2020

Masjid Jamik Silalas Sei Deli, Masjid Tua di Medan yang Terlupakan

Secara pasti kapan masjid ini didirikan hanya bisa dilihat dari prasasti berbahasa Arab yang berada di dinding bagian luas masjid.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
MASJID Jamik Silalas Sei Deli, Jalan Sei Deli, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Masjid yang dibangun tahun 1931 ini terletak tepat di tepi Sungai Deli yang melintas di bawah jembatan Silalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Bangunan Masjid dengan warna hijau dan ornamen yang khas ini berada berdampingan dengan kuburan muslim Jalan Sei Deli Medan.

Menurut keterangan Sekretaris Badan Kenaziran Masjid (BKM) Masjid Jamik Silalas Sei Deli, Ahmad, masjid ini sudah ada sejak Jaman penjajahan Belanda, namun belum berdiri tegak dengan batu, melainkan hanya berbentuk papan.

"Ini sudah lama ya dibangun, sejak tahun 1931, sebelumnya memang sudah ada bangunan masjid di sini tapi belum seperti ini lah bentuk bangunannya," kata Ahmad, Minggu (17/5/2020)

Sayangnya, terang Ahmad, dirinya tidak tahu percis mengenai sejarah masjid ini.

Secara pasti kapan masjid ini didirikan hanya bisa dilihat dari prasasti berbahasa Arab yang berada di dinding bagian luas masjid.

"Kalau sejarah saya enggak ingat lah, karena ini sudah dari jaman atok saya, baru kakek saya, ayah saya, dan saya. Jadi memang sudah lupa," katanya.

Sementara itu, diterangkan juru masak bubur sop khas Masjid Jamik Silalas Sei Deli, Deni mengatakan bahwa di dalam bangunan masjid Silalas memang berbeda dan memiliki ciri khas bangunan tua.

Pekuburan yang berada di kompleks masjid juga sudah berusia ratusan tahun.

"Kalau kuburan ini sudah ada yang usianya ratusan tahun. Inikan lokasinya sangat berdampingan dengan kuburan ini. Memang di dalam bangunannya sudah tua. Tapi kalau sejarahnya kami kurang tahu," katanya.

Padukan Arsitektur Tiga Budaya, Masjid Tarbiyah Dikelilingi Ukiran Kaligrafi yang Indah nan Unik

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved