Wajib Anda Tahu! Berikut Ini Panduan New Normal di Tempat Ibadah dan di Tempat Umum Lainnya

Menteri Agama RI Fachrul Razi menerbitkan panduan tentang kegiatan keagamaan di rumah ibadah pada masa kenormalan baru ( new normal) pandemi Covid-19.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas mengecek suhu tubuh pengunjung saat memasuki tenan di Plaza Medan Fair, Rabu (27/5/2020). Sejumlah mal akan segera beroperasi kembali seiring adanya kampanye new normal di tengah pandemi virus Corona, namun tetap harus mematuhi protokoler kesehatan. 

Berikut ini panduan new normal di tempat ibadah dan di tempat umum lainnya.

TRI BUN-MEDAN.com - Menteri Agama RI Fachrul Razi menerbitkan panduan tentang kegiatan keagamaan di rumah ibadah pada masa kenormalan baru ( new normal) pandemi Covid-19.

Panduan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 15/2020.

Salah satu poin di dalam aturan itu mewajibkan rumah ibadah memiliki surat keterangan aman dari Covid-19.

"Hal itu ditunjukkan dengan Surat Keterangan Rumah Ibadah Aman Covid dari ketua gugus tugas provinsi/kabupaten/kota/kecamatan sesuai tingkatan rumah ibadah dimaksud," kata Fachrul Razi dikutip dari Kompas.com (30/5/2020).

Fachrul mengatakan, surat keterangan akan dicabut jika pada kemudian hari ditemukan kasus penularan Covid-19 di lingkungan sekitar rumah ibadah.

Selengkapnya tentang panduan new normal di tempat ibadah dapat disimak pada infografik berikut ini:

Dalam pemberitaan sebelumnya, pemerintah telah menginstruksikan agar fase kenormalan baru ini dapat dipersiapkan dengan baik.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/5/2020), Presiden Joko Widodo ( Jokowi) telah menyatakan Indonesia harus tetap produktif tetapi juga aman dari wabah penyakit infeksi pernapasan Covid-19.

Selain itu, sosialisasi new normal diinstruksikan dapat dilakukan secara besar-besaran.

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Stasiun MRT Bundaran HI  di saat new normal kala pandemi Covid-19
Presiden Joko Widodo yang didampingi Kapolri Idham Azis dan Panglima TNI Hadi, meninjau kesiapan Stasiun MRT Bundaran HI di saat new normal kala pandemi Covid-19 (Agus Suparto)
Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved