Kian Memanas, Kala China Bangun Bunker India Justru Borong Bom Pintar SPICE-2000 Israel

Terbaru militer India dikabarkan akan memborong bom pintar SPICE-2000 dari Israel, yang sebelumnya digunakan dalam serangan udara di Balakot, Pakistan

twitter
Kapal perang India dan Jepang berlatih bersama memburu kapal selam China di Samudra India 

Angkatan Udara India telah menggunakan SPICE-2000 yang dikembangkan Israel untuk menyerang target di Balakot, sekitar 60 kilometer dari Line of Control, pada tahun 2019.

TRI BUN-MEDAN.com - Tak cuma memborong alutsista terbaru seperti jet tempur dari Rusia, kini India juga memborong rudal dan bom pintar untuk menghancurkan pertahanan China.

Diketahui China telah menggelar proyek konstruksi baru dekat lokasi pertikaian di perbatasan Himalaya yang menewaskan 20 tentara India 15 Juni 2020, menurut foto-foto satelit teranyar.

Sejumlah bunker, tenda, dan unit penyimpanan peralatan militer jelas tampak di area.

Padahal, pemandangan ini sama sekali tidak ada dalam foto-foto udara awal Juni, sebagaimana dilaporkan kantor berita Reuters.

Foto-foto satelit tersebut diproduksi perusahaan teknologi antariksa Maxar pada 22 Juni dan dirilis ketika China dan India sedang menggelar perundingan untuk meredam ketegangan.

Media lokal juga mengutip sumber-sumber dari militer India yang menyebutkan proyek konstruksi China tampaknya berlangsung antara bentrokan 15 Juni dan perundingan tingkat komandan sebelumnya.

Citra satelit pada Mei lalu menunjukkan tidak ada struktur bangunan di wilayah sengketa dekat lokasi bentrokan.

P Stobdan, mantan diplomat India yang ahli dalam urusan Ladakh, mengatakan kepada BBC bahwa konstruksi itu "mengkhawatirkan".

"[Pemerintah] India belum merilis foto apapun atau membuat pernyataan, jadi sulit menilainya. Namun foto-foto yang dirilis perusahaan swasta menunjukkan pihak China telah membangun infrastruktur dan belum mundur," tuturnya.

Halaman
1234
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved