Breaking News:

Kandidat Restu Pencawan Mengundurkan Diri Setelah Audisi Calon Rektor USU

Pengunduran diri Restu setelah audisi calon rektor tidak ada hubungan dengan intimidasi ataupun paksaan.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
REKTOR USU, Runtung Sitepu saat melakukan konferensi pers dengan wartawan di Gedung Biro USU, Kamis (26/11/2020). 

Tribun-Medan.com, Medan - Pada Kamis (24/11/2020) lalu, Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar audisi calon rektor yang diikuti empat kandidat yaitu Prof. Dr.dr. Farhat, M. Ked, Dr. Muryanto Amin, M.Si, Prof. Dr. M. Arif Nasution, dan Dr. Restu Utama Pencawan, M.Pd.

Ternyata pada Rabu (25/11/2020), Kandidat Restu Utama Pencawan selaku Ketua Sekolah Tinggi Teologi Sola Fide Medan telah mengundurkan diri. 

Saat dikonfirmasi ke Rektor USU, Runtung Sitepu mengungkapkan bahwa pengunduran diri Restu setelah audisi calon rektor tidak ada hubungan dengan intimidasi ataupun paksaan.

"Saya tidak bisa mencampuri karena pencalonan pengunduran diri kita serahkan ke masing-masing calon. Yang perlu saya jaga sebagai pimpinan universitas ini tidak ada kaitan dengan intimidasi, paksaan atau hal yang melanggar hukum. Ini keikhlasan dia agar suara tidak pecah, tidak pecahnya kemana pun saya tidak tahu. Pemungutan suara dilakukan dengan langsung, bebas dan rahasia. Siapa yang mendukung atau lari kemana suaranya kita tidak tahu," ungkap Runtung, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Prof Farhat Peroleh Suara Tertinggi dengan 52 Suara dalam Audisi Calon Rektor USU

Berdasarkan informasi dari Runtung, Restu mengundurkan diri pada Rabu malam dengan memberikan surat pengunduran diri untuk melaju ke tahap selanjutnya.

"Di dalam pasal 52 ayat 4 dari peraturan Majelis Wali Amanat nomor 16 tahun 2016 tentang tata kelola USU, Itu kita berikan dua hari sebelum audisi, hanya kesempatan itu, kalau sudah lewat dari dua hari dia harus dicantumkan namanya. Jadi dia semalam sudah tanggal 24 sudah audisi, bahkan sudah menyampaikan paparan program kerjanya bahkan katanya tadi malam baru disampaikan surat pengunduran, semua persiapan sudah," ucap Restu.

Pengunduran Restu ini membuat Restu tidak mendapatkan suara. Artinya, tiga kandidat lainnya resmi melaju ke tahap terakhir yaitu pemilihan Rektor Terpilih yang akan berlangsung di Jakarta, 3 Desember 2020 mendatang.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved