Breaking News:

Peringati HGN 2020, Pjs Wali Kota Medan Ingatkan Peran Penting Guru di Tengah Covid-19

Dalam upacara HGN 2020, Pjs Wali Kota Medan mengungkapkan soal peran guru di masa Covid-19 yang harus mendidik dengan daring dan berbagai kesulitannya

Dok. Humas Pemkot Medan
Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Kota Medan Tahun 2020 di Aula Ballroom PT Bank Sumatera Utara (Sumut) Medan, Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kamis (3/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com -  Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mengatakan, seorang guru merupakan sosok yang menjadi motor pendorong perubahan di Indonesia.

Pasalnya, menurut Arief, guru memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

"Sifat guru yang senantiasa terus berjuang di tengah segala keterbatasan, diakui telah mampu mendidik generasi bangsa menjadi generasi unggul yang memiliki sifat nasionalisme yang tinggi," kata Arief.

Hal itu Arief sampaikan saat menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Kota Medan 2020 di Aula Ballroom PT Bank Sumatra Utara (Sumut) Medan, Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kamis (3/12/2020).

Dalam acara tersebut, Arief juga mengungkapkan, tantangan para guru tahun ini memang sangat berbeda dibanding sebelumnya.

"Hal itu karena tidak pernah tercatat dalam sejarah, kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dari rumah dengan mengandalkan gawai," kata Arief.

Dengan adanya tantangan tersebut, para guru dipaksa beradaptasi dengan cepat dan beralih menggunakan teknologi.

"Para guru juga dituntut untuk mengubah metode belajar dan bekerja sekuat tenaga agar anak didiknya bisa terus mengenyam pendidikan yang terbaik," ujar Arief.

Tak hanya itu, lanjut Arief, dengan kondisi ini, para guru dituntut untuk menyadari bahwa kini masyarakat hidup di era revolusi 4.0.

"Bahkan, ada beberapa negara yang mulai menyambut revolusi 5.0," kata Arief seperti dalam keterangan tertulisnya.

Halaman
123
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved