Breaking News:

KPUD Karo Tegaskan Keputusan Pemenang Pilkada Ditentukan dalam Pleno Berjenjang

Ketua KKPUD Karo Gemar Tarigan menegaskan hingga saat ini pihaknya belum ada mengeluarkan hasil penghitungan suara.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
KETUA KPUD Karo Gemar Tarigan (tengah) saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Kamis (10/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Setelah selesai melakukan tahapan pemungutan suara Pilkada 2020, saat ini masuk ke dalam penghitungan dan rekapitulasi suara.

Untuk diketahui, hingga saat ini rekapitulasi masih dilakukan di tingkat kecamatan.

Namun, sejak kemarin setelah pencoblosan banyak pihak yang mulai melakukan survei secara mandiri. Dari seluruh pasangan calon (paslon), seluruh tim saling mengumumkan hasil dari penghitungan suaranya masing-masing.

Melihat kondisi ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo Gemar Tarigan menegaskan hingga saat ini pihaknya belum ada mengeluarkan hasil penghitungan suara.

Dirinya mengatakan, keputusan final mengenai hasil perolehan suara nantinya akan ditetapkan melalui rekapitulasi berjenjang.

"Sampai saat ini, kita belum ada mengeluarkan hasil perolehan suara. Keputusan final itu akan kita sampaikan setelah proses rapat pleno di tingkat kabupaten," ujar Gemar, Kamis (10/12/2020).

Saat ditanya mengenai adanya informasi yang tersebar dari berbagai lembaga survei, Gemar mengaku pihaknya tidak mengakui hasil yang keluar.

Terlebih, dirinya mengatakan hingga pendaftaran kerjasama lembaga survei ke KPUD Karo pihaknya tidak ada menerima satupun lembaga survei baik perseorangan maupun lembaga.

Baca juga: Cory-Theo Banjir Ucapan Selamat Usai Tim Internal Hitung Cepat Hasil Pilkada Karo 2020

"Silakan saja kalau ada yang mengeluarkan hasil dari versi masing-masing. Tapi kami tidak mengakui hasil itu sah," ungkapnya.

Gemar menjelaskan jika dari manapun hasil yang saat ini telah keluar itu tidak akan memengaruhi proses rekapitulasi yang saat ini telah berlangsung.

Dirinya mengatakan, rekapitulasi berjenjang ini akan ditetapkan saat rekapitulasi di tingkat kabupaten pada tanggal 14 Desember ini.

Terkait sudah banyak hasil yang keluar dan unggul paslon tertentu, Gemar menjelaskan jika pihaknya melihat semua paslon memiliki sikap dewasa. Dengan itu, dirinya yakin jika paslon maupun timnya tidak akan percaya dan melakukan euforia yang berlebihan menganggapi hasil sementara ini.

Untuk itu, sekali lagi dirinya dan KPUD Karo menegaskan jika kepastian siapa pemenang dalam Pilkada 2020 Karo ini akan terlihat saat proses rekapitulasi di tingkat kabupaten.

DIkatakannya, jika hasil dari rekapitulasi sudah keluar itulah yang nantinya akan menjadi acuan siapa yang menjadi pemenang dalam kontestasi Pilkada 2020 ini. (cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved