Breaking News:

Program PTSL 2021, BPN Deliserdang Pilih Kecamatan Batang Kuis

Program ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendaftarkan tanahnya menjadi sertifikat dan tanpa dikenakan biaya.

Tribun-Medan.com/Indra Gunawan
KANTOR BPN Deliserdang. 

TRIBUN-MEDAN.com, PAKAM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Deliserdang memilih Kecamatan Batang Kuis untuk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun ini.

Program ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendaftarkan tanahnya menjadi sertifikat dan tanpa dikenakan biaya.

Sama dengan alasan ketika Kecamatan Beringin dipilih pada tahun 2020, Batang Kuis dipilih lantaran lokasinya masih dekat dengan kawasan Bandara Kualanamu.

Selain itu masuk dalam kawasan Sport Center yang kini sudah berubah nama menjadi kawasan Deli Sport City. 

"Tahapannya besok baru kita mau mulai dan akan dilakukan penyuluhan di aula Kantor Camat Batang Kuis. Batang Kuis dipilih supaya tahu juga mana (tanah) yang HGU (Gak Guna Usaha) dan tanah masyarakat. Batang Kuis inikan menuju airport dan mau ada juga Sport Center. Jadi batas-batas itu harus dengan jelas," ujar Kepala BPN Deliserdang, Fauzi, Kamis (14/1/2021).

Fauzi menyebut salah satu hal yang mendasar dijalankannya program PTSL di Kecamatan Batang Kuis untuk menghindari konflik ke depan.

Jangan sampai terjadi lagi persoalan di kemudian hari seperti kasus lahan Sport Center. Diketahui kalau kasus lahan Sport Center sempat menyeret beberapa orang yang terlibat dalam kasus pidana. 

"Kita kan mencegah konflik juga di sana. Berapa bidang tanahnya di sana kita belum bisa prediksi karena bisa ada yang belum terdaftar karena sudah dipecah. Kalau yang di Kecamatan Beringin tahun lalu sudah selesai ada 13.500 bidang tanah seperti yang telah diukur," kata Fauzi. 

Fauzi mengakui kalau tidak semua desa yang ada di Batang Kuis bisa ikut program PTSL. Secara rinci dirinya pun belum dapat menjelaskan desa-desa mana saja yang masuk program.

Menurutnya ini akan diumumkan setelah selesai dilakukan sosialisasi. 

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved