Breaking News:

Tribun travel

Air Terjun Turbo, Debit Air yang Deras Keluar dari Celah Tebing Tinggi

Air Terjun Turbo bersumber dari air yang keluar dari celah tebing yang dihimpit batu dan memiliki debit air yang begitu besar atau deras.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
AIR terjun Turbo yang berada di Tomuan Holbung, Kecamatan Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, ASAHAN - Kabupaten Asahan di Sumatera Utar memiliki banyak tempat wisata yang begitu eksotis seperti, danau, sungai, serta air terjun. Semua obyek wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya dan keaslian yang masih sangat terjaga.

Satu diantaranya adalah tempat wisata yang bernama Air Terjun Turbo. Meski belum banyak diketahui banyak orang, air terjun ini menawarkan kucuran air yang setiap orang melihatnya akan terpesona dengan keindahannya.

"Memang mendengar kata Turbo, pasti orang menyangka sesuatu hal yang dahsyat. Nama air terjun ini sebenarnya Turunan Bolon (Turbo) atau yang memiliki nama lainnya Sampuran Bolon," ujar Hafiz Ali, pengunjung sekaligus pemandu wisata asal Kota Medan, Selasa (23/2/2021).

Air Terjun Turbo bersumber dari air yang keluar dari celah tebing yang dihimpit batu dan memiliki debit air yang begitu besar atau deras.

"Lebih kurang mungkin ada 100 meter tingginya. Debit air yang dikeluarkan juga begitu sangat deras," ujar Hafiz.

Air terjun yang berada di kabupaten Asahan tersebut memiliki pemandangan yang begitu indah dan memanjakan setiap mata yang melihat dan dikelilingi tebing-tebing yang tertutup lumut-lumut hijau.

Hal ini menambah kesan yang begitu asri dan udara yang segar.

"Bisa dibilang juga Air Terjun Turbo memiliki panorama yang lebih bagus dan terbilang masih sangat alami dan natural. Mungkin karena masih jarang dikunjungi itu, karena kadang-kadangkan pengunjung ini usil, taunya merusak saja bukan mau menjaga," ucap Hafiz.

Keindahan lain dari Air Terjun Turbo adalah dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitaran air terjun. Air yang jernih terlihat begitu menggoda dan membuat setiap orang untuk segera merasakan kesegarannya. 

Lokasi Air Terjun Turbo berada di Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Jika pengunjung yang berasal dari pusat Kota Medan akan menempuh perjalanan berjam-jam dengan jarak ratusan kilometer.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved