Breaking News:

Terapkan Sistem HSSE Golden Rule, Pertamina Komitmen Capai Zero Accident dalam Bekerja

Salah satu faktor yang bisa menimbulkan terjadinya insiden adalah terkait budaya, perilaku konsumen dan lainnya.

TRIBUN MEDAN/HO
SEJUMLAH jurnalis melakukan kunjungan ke Fuel Terminal Medan Group di Jalan KL Yos Sudarso, Medan, Selasa (16/2/2021). PT Pertamina berkomitmen menerapkan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja. 

Tribun-medan.com, Medan – PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk menjalankan proses bisnis secara aman, sehat dan berwawasan lingkungan.

Demi menjaga keamanan setiap pekerja dalam bertugas, Pertamina menerapkan sistem HSSE Golden Rule demi meminimalisir insiden dalam bekerja.

Asisten Manager HSE Operation Achmad Surya Karbala mengatakan, pihaknya menerapkan HSSE Golden Rule di mana seluruh pekerja dengan program patuh, yaitu melaporkan kondisi dan perilaku tidak aman. Jika melihat situasi yang tidak aman tersebut, pekerja dapat melaporkan sedini mungkin kondisi tersebut.

Dengan demikian, pencegahan dapat dilakukan sehingga zero accident.

“Jadi kami sudah memiliki teknologi informasi untuk semua pihak-pihak Pertamina baik itu pekerja, awak mobil tangki (AMT) dan lain-lain itu sudah bisa melaporkan apapun temuan kondisi tidak aman maupun perilaku tidak aman,” ungkapnya.

Tak dapat dipungkiri, katanya, beberapa insiden pernah terjadi, namun Pertamina memiliki sistem insiden investigasi. Setelah mendapatkan hasil investigasi, pihaknya akan memberikan rekomendasi perbaikan, salah satunya terhadap peraturan yang senantiasa berkembang.

Fuel Terminal Medan Group Pertamina juga senantiasa meningkatkan komitmen budaya pekerja. Sebab salah satu faktor yang bisa menimbulkan terjadinya insiden adalah terkait budaya, perilaku konsumen dan lainnya.

"Itu yang sama-sama harus kita jaga, perilaku konsumen, budaya pekerja dan lain-lain. Salah satu penerapan budaya yang sampai saat ini kita terapkan dan sudah empat tahun berjalan adalah terkait dengan program patuh, yaitu pelapor terhadap beberapa kondisi dan perilaku tidak aman," katanya.

Fuel Terminal Medan Group Pertamina Regional Sumbagut telah memiliki teknologi informasi untuk semua pihak-pihak Pertamina sudah bisa melaporkan apa pun temuan kondisi tidak aman maupun perilaku tidak aman.

"Jika bisa dilaporkan sedini mungkin, maka kita bisa melakukan pencegahan dan perbaikan sedini mungkin. Sehingga tahapan untuk mencapai sebuah insiden itu tidak akan terjadi," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved