Breaking News:

Agar Kasus Covid-19 Terkonfirmasi secara Tepat, Dinkes Langkat Gunakan Metode Swab PCR

Selain peralatan, Dinkes Kabupaten Langkat turut menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) dalam mengoperasikan perangkat PCR.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Dinas Kesehatan (Kadis) Kesehatan Langkat sediakan perangkat PCR di dalam mobil Toyota HiAce Nomor Polisi (Nopol) BK 7111 P. 

TRIBUN-MEDAN.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadis) Kesehatan Langkat Juliana mengatakan, pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) digunakan untuk mengetahui kasus konfirmasi Covid-19 di Langkat secara tepat.

"Untuk sementara, pemeriksaan swab PCR masih dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes),” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Rabu (17/3/2021).

Namun, lanjut Juliana, pemeriksaan selanjutnya akan dilaksanakan di beberapa pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) wilayah Langkat. Utamanya, wilayah yang terkonfirmasi pasien Covid-19.

Sebelumnya, pengadaan PCR didatangkan pada Desember 2020. Akan tetapi, peralatan swab ini mengalami kerusakan pada Januari 2021.

"Sekarang, PCR sudah ditukar dengan yang lebih baik oleh pihak PT Giri dan tanpa melakukan biaya tambahan,” ucap Juliana, sembari membenarkan kabar kerusakan PCR sebelumnya.

Selain peralatan, Dinkes Kabupaten Langkat turut menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) dalam mengoperasikan perangkat PCR.

Juliana mengaku, pihaknya telah mengirim tujuh tenaga kesehatan nakes untuk mengikuti pelatihan atau training pengoperasian perangkat PCR. Perangkat ini telah disediakan oleh Dinkes Langkat di dalam mobil Toyota HiAce Nomor Polisi (Nopol) BK 7111 P.

"Ada tujuh nakes yang kami utus untuk mengikuti pelatihan pengoperasian PCR. Mereka terdiri dari satu dokter dan enam analisis," imbuh Juliana saat di ruang kerjanya, Kantor Dinkes Langkat, Stabat, Selasa (16/3/2021).

Bimbingan pelatihan tersebut, kata dia, dilakukan oleh tim ahli dari PT Indo Global Medika (IGM). Sementara itu, untuk waktu pelatihan akan dilakukan selama satu bulan.

Dari waktu satu bulan, para nakes Kabupaten Langkat akan mempelajari materi dasar pengoperasian berteknologi canggih itu, dan uji fungsi alat ekstraksi, ekstraksi spesimen, serta tanya jawab tentang ekstraksi PCR.

"Saat ini mereka sedang mengikuti pelatihan secara intens di laboratorium Farmasi Dinkes Langkat. Lokasi ini sekaligus menjadi tempat mobil dan alat PCR itu berada," ujar Juliana.

Penulis: Dwi Nur Hayati (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved