Breaking News:

Pesona Air Terjun Sidompak, Surga Tersembunyi Tongging dengan Panorama Savana

Bagi pengunjung yang ingin memasuki destinasi wisata Air Terjun Sidompak, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari tempat parkiran. 

Ist
Panorama Air Terjun Sidompak yang terletak di desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terletak tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso. 

Tribun-Medan.com, TONGGING - Desa Tongging, Kabupaten Karo tak cukup hanya menawarkan keindahan Air Terjun Sipiso-piso yang kini menjadi destinasi wisata alam favorit traveller. 

Ternyata, banyak yang tak tahu bahwa didekat Sipiso-piso, ada Air Terjun Sidompak yang tersembunyi dengan pemandangan tak kalah menakjubkan dengan suguhan Savana yang langsung menghadap Danau Toba.

Eko Herianto, Traveller Medan yang pernah mengunjungi Air Terjun Sidompak beberapa waktu lalu ini mengungkapkan bahwa dia mengetahui info air terjun ini dari teman-temannya yang pencinta alam.

Panorama Air Terjun Sidompak yang terletak di desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terletak tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso.
Panorama Air Terjun Sidompak yang terletak di desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terletak tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso. (Ist)

"Berbicara Tongging orang hanya tahu Air Terjun Sipiso-piso saja, tapi ternyata di bawah lagi dekat Wisma Sibayak ada sebuah aliran sungai yang di atasnya itu ada air terjun, cuma orang-orang masih jarang tahu air terjun ini," ungkap Eko, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: TRIBUN TRAVEL Menikmati Liburan Nuansa Jadul ala Eropa dan Nusantara di Hotel Deli River Omlandia

Perjalanan dari Medan ditempuh selama kurang lebih tiga jam hingga sampai ke Desa Tongging.

Setelah melewati gapura utama, Pengunjung kembali menyusuri jalan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian belok ke kiri untuk menuju parkiran.

"Setelah melewati tugu kita belok kiri. Itu kita turun ke bawah agak ada kelak-kelok dan kemudian patokannya itu ada sebuah gereja warna kuning. Nah di seberangnya itu ada gang kecil setapak, kita masuk kelilingi bukit dan setelah sudah sampai ujung tinggal kita parkirkan saja motor disitu," ujarnya.

Bagi pengunjung yang ingin memasuki destinasi wisata Air Terjun Sidompak, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari tempat parkiran. 

Lantaran belum menjadi destinasi wisata umum, pengunjung harus mencari guide dari penduduk setempat untuk mengarahkan menuju lokasi yang dituju.

Biasanya, guide lokal akan mematok harga Rp 200 ribu per rombongan atau sesuai kesepakatan bersama.

Pengunjung saat berfoto di Padang rumput yang langsung menghadap Danau Toba. Pemandangan ini akan ditemui dalam perjalanan menuju Air Terjun Sidompak.
Pengunjung saat berfoto di Padang rumput yang langsung menghadap Danau Toba. Pemandangan ini akan ditemui dalam perjalanan menuju Air Terjun Sidompak. (Ist)
Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved