Breaking News:

TRIBUNWIKI

Cek Tiga Pertanyaan Ini Agar Produk Investasi Pilihan Aman

Investor adalah makhluk rasional, wajar mereka ingin mendapatkan imbal hasil yang setinggi-tingginya dari hasil investasi.

www.shutterstock.com
Ilustrasi investasi 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Belakangan investasi semakin diminati banyak orang.

Namun hal ini juga menjadi celah bagi oknum-oknum yang mencari keuntungan sendiri dengan cara menawarkan investasi bodong. 

Banyak investasi bodong yang menjanjikan imbal hasil tinggi.

Korban investasi bodong biasanya akan menikmati bunga investasi yang tinggi pada awal mula bergabung, supaya investornya tertarik untuk menanamkan modal lebih banyak lagi pada investasi tersebut. 

Sampai semuanya sudah terlambat, ketika investor hendak menarik modalnya karena ada kebutuhan, tapi ternyata tidak bisa.

Baca juga: Gebrakan Bobby Nasution dan Jejak Sejarah Jalan Tertua di Medan yang Akan Jadi The Kitchen of Asia

Pakar Pasar Modal Indonesia, Liyanto Sudarso, CSA memberikan 3 check list yang dapat dilakukan kepada sebuah instrumen investasi untuk menentukan apakah sebuah produk investasi sebenarnya berbahaya atau tidak.

Berikut tiga pertanyaan yang bisa ditanyakan:

1. Credit Risk: Apakah produk investasi tersebut menawarkan pokok investasi yang aman?

Liyanto mengatakan saat mendapatkan penawaran produk investasi dari seseorang, pertanyaan pertama yang harus ditanyakan adalah apakah uang yang menjadi pokok dari nilai investasi tersebut berpotensi untuk berkurang atau bahkan hilang di dalam perjalanan investasi

"Contohnya, jika berinvestasi pada saham dan salah memilih emiten, bisa saja nilai investasi menjadi nol," kata pria yang juga Wakil Manajer Investasi (WMI) Fund Manager yang juga Co-Founder perusahaan penasihat investasi PT Wahana Tumbuh Investasi ini. 

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved