Breaking News:

Gubernur Edy Rahmayadi Berharap KONI Bisa Bawa Sumut Raih 5 Besar di PON

Tidak hanya sukses prestasi, mantan Pangkostrad ini juga berharap sukses penyelenggaraan dan pemberdayaan ekonomi. 

Penulis: Sofyan akbar lama | Editor: Royandi Hutasoit
Sofyan Akbar / Tribun Medan
Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis saat menyalami Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam pelantikan kepengurusan KONI Sumut periode 2021-2025, Senin (5/4/2021).   

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam pelantikan kepengurusan KONI Sumut periode 2021-2025 Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh jajaran pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia serta Pengurus cabang olahraga untuk bisa mencapai tri sukses dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh - Sumut.

Tidak hanya sukses prestasi, mantan Pangkostrad ini juga berharap sukses penyelenggaraan dan pemberdayaan ekonomi. 

Edy mengatakan pada PON 2024 nanti, sebagai tuan rumah, Sumut minimal bisa masuk peringkat 5 besar dari 34 Provinsi yang turut serta dalam even empat tahunan.

Meski butuh kerja keras dan ikhlas bagi seluruh pengurus cabang olahraga, serta jajaran pengurus KONI mulai dari kabupaten/kota hingga provinsi. 

"Tadi kita ditantang bisa masuk lingkaran 5 besar, kemudian tiga besar atau juara umum. Kita berusaha dulu pak John, kita masuk 5 besar dulu dari 34 provinsi ini di PON. Doakan dan kita bergandeng sama," ujarnya di Santika Dyandra Hotel, Senin (5/4/2021).

Untuk mewujudkan hal itu, katanya, proses pembinaan atlet yang akan dipersiapkan menuju PON 2024 juga disiapkan sedini mungkin. 

Perekrutan atlet-atlet dengan usia jenjang U-20 tahun ini, diharapkan akan matang pada 2024 nanti. Mereka nantinya akan menjadi andalan Sumut di PON 2024, dan digabungkan dengan atlet yang berlaga di PON 2021. 

Meski begitu, tersisa 3 tahun bukan waktu lama bagi seluruh cabor untuk persiapkan atlet terbaiknya. Paling tidak, Edy berharap setiap daerah bisa melahirkan minimal 2 atlet unggulan dari 48 cabor yang akan dipertandingkan di PON nanti. 

"PON 2021 di Papua sudah dipersiapkan sejak tahun 2018. Kita siapkan di usia 18 sampai 20 untuk PON 2024, saat tuan rumah di Sumut - Aceh. 2024 bukan waktu yang lama untuk mempersiapkan olahragawan. Siapkan dua atlet terbaik dari daerah dari 48 cabor di PON nanti," ujarnya. 

Sementara Ketua KONI Pusat Marciano Norman, menilai Sumut dikenal sebagai satu provinsi yang selalu melahirkan atlet terbaik bagi Indonesia. 

Maka, pada PON 2021, Marciano berharap Sumut minimal bisa naik peringkat dari PON 2016 yang kala itu berada di posisi 9 besar.

Bahkan pada PON 2024, sebagai tuan rumah bersama Aceh, di bawah kepemimpinan John Ismadi Lubis KONI Sumut bisa mewujudkan minimal posisi 5 besar bahkan 3 besar nasional. 

"Harapan saya peringkat Sumut yang pada PON sebelumnya di peringkat ke-9, bisa meningkat lebih baik lagi di PON selanjutnya. Dukungan Gubernur Sumut dan DPRD kepada KONI luar biasa, saya yakin kepercayaan dan dukungan yang diberikan kepada pengprov dan KONI ini akan berbuat yang terbaik. Prestasi di PON Papua nanti peringkat Sumut diharapkan lebih baik, sehingga bisa menjadi motivasi atlet dan perangkat yang dipersiapkan saat PON 2024. Mereka diharapkan termotivasi minimal bisa mencapai peringkat 5 besar. Ada pak Gubernur yang selalu mendorong KONI, saya yakin minimal masuk 3 besar," katanya.

Marciano juga menilai potensi kawasan wisata di Sumut yang sangat beragam dan dikenal indah, juga tidak boleh luput dalam pelaksanaan PON nanti.

Dengan memadukan sport tourism diharapkan Sumut tidak hanya sukses menjadi tuan rumah event olahraga nasional namun juga bertaraf internasional. 

"Saya mengharapkan pada PON 2024 Sumut bisa menjadi tuan rumah yang baik terutama dalam hal pelaksanaan olahraga wisata. Karena banyak daerah di Sumut yang berpotensi jadi pelaksana single dan multi event olahraga tingkat internasional. Mohon kerjasama pengprov cabor dengan PB agar hal itu bisa sama-sama kita wujudkan," pungkasnya.

(akb/tribun-medan.com) 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved