Breaking News:

Dinas PUPR Godok Desain Jaringan Kabel Tanam Untuk Dua Jalan Utama di Siantar

Penyusunan DED ini dikerjakan Dinas PUPR dengan keterlibatan sejumlah pemangku kepentingan yang ada di Siantar.

Tribun Medan / Alija Magribi
Penampakan kabel yang menggelantung di Jalan Sutomo, tepatnya menjelang Pasar Horas Kota Pematangsiantar 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pemerintah Kota Pematangsiantar tengah menyusun Detail Engineering Desain (DED) untuk proyek kabel tanam atau bawah tanah yang akan diadopsi di Jalan Sutomo dan Merdeka Pematangsiantar.

Penyusunan DED ini dikerjakan Dinas PUPR dengan keterlibatan sejumlah pemangku kepentingan yang ada di Siantar.

Kabid Cipta Karya dan Penataan Ruang Henry John Musa Silalahi mengatakan penyusunan DED dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

Kemudian pekerjaan proyek akan berlangsung pada tahun 2022 sesuai ketersediaan anggaran.

"Tahun Ini desain engineering. Kita sudah bekerjasama dengan pihak Telkomsel, PDAM dan PLN maupun vendor lain yang bergerak di bidang fiber optik. Tahun ini kita adakan perencanaannya," ujar Musa, Rabu (7/4/2021).

Dalam penyusunan DED, ujar Musa, Dinas PUPR akan mendengar masukkan-masukkan dan saran dari pihak vendor tentang rencana gambar kerja sistem kabel bawah tanah yang diimpikan Pemko Pematangsiantar. Semua dilakukan agar para pihak tidak ada yang keberatan dalam pelaksanaan nantinya.

"Sekarang masih akan dikerjakan DED, dengan memperhatikan standar untuk ruang bawah tanah (ruang kabel). Kita harus dengar vendor maunya bagaimana biar tidak ada keberatan," tambah magister engineering itu kepada Tribun Medan.

Kemudian, Musa mengatakan, hasil dari DED yang disepakati dengan para vendor akan disampaikan ke DPRD Pematangsiantar, dan berlanjut pada penyusunan anggaran.

"Selanjutnya, kita akan ekspose kepada lembaga terkait. Kalau memungkinkan anggaran kita tahun depan, kita mulai kerjakan untuk penertiban kabel di bawah tanah," ujar Musa.

Perlu diketahui, niat menerapkan kabel tanam di Siantar muncul dari desakan banyak pihak. Terutama Komisi III DPRD Pematangsiantar yang menilai semrawutnya kabel udara yang ada di dua jalan utama di Siantar itu. 

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved