Breaking News:

Ikut Shalat Subuh Berjamaah, Wabup Deli Serdang: Shalat Berjamaah Tumbuhkan Kebersamaan

Wabup Deli Serdang mengatakan kegiatan gerakan shalat subuh berjamaah harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Dok. Humas Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
Dokumentasi Gerakan Shalat Subuh Berjamaah (GSSB) Kabupaten Deli Serdang di Masjid Taqwa Muahmmadiyah, Lubuk Pakam, pada Jumat (16/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengungkapkan, shalat merupakan ibadah yang memiliki kedudukan paling tertinggi dibandingkan ibadah lainnya.

“Akan tetapi, lebih utama lagi apabila shalat itu dilakukan dengan cara berjamaah,” katanya, saat melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid Taqwa Muahmmadiyah, Lubuk Pakam, pada Jumat (16/4/2021).

Wabup Ali mengatakan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda, orang yang shalat berjamaah lebih baik daripada shalat sendirian.

“Selain pahala yang berlipat ganda, shalat berjamaah juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan yang kuat. Karena seseorang tidak akan hidup tanpa adanya orang lain,” ucapnya.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Sholat Tahajud saat Ramadhan? Ini Tata Cara dan Niat Shalat Tahajud Ramadan

Menurut Wabup Deli Serdang, shalat subuh adalah salah satu shalat paling berat bagi sebagian besar kaum muslim di zaman sekarang. Terlebih lagi shalat subuh yang dilaksanakan secara berjamaah.

“Padahal shalat subuh memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan shalat lima waktu yang lainnya. Apalagi bila shalat subuh dilakukan secara berjamaah,” tutur Ali, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan pada Senin (19/4/2021).

Sebagaimana Hadits Riwayat Imam Muslim, kata dia, Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang melaksanakan shalat isya secara berjamaah, ia seperti shalat malam separuh malam.

Sementara itu, barang siapa yang melaksanakan shalat subuh secara berjamaah maka ia seperti shalat malam sepanjang satu malam penuh.

Baca juga: Tuntunan Cara Sholat Subuh Ramadhan 1442 H Hari Pertama, Bacaan Niat Shalat Subuh, Lafaz Doa Qunut

Menurut Wabup, kegiatan gerakan shalat subuh berjamaah harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

“Insya Allah, masyarakat Deli Serdang akan maju dalam cara berpikirnya, religius karena agama sebagai sandaran moralnya, dan memaknai perbedaan sebagai kekayaannya,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved