Breaking News:

Pascaerupsi, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 1500 Meter

Setelah erupsi, Gunung Sinabung mengalami satu kali awan panas guguran.

TRIBUN MEDAN / HO
GUNUNG Sinabung kembali mengalami erupsi pada Senin (19/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Aktivitas Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo masih terus mengalami peningkatan aktivitas yang cukup signifikan. Setelah mengalami dua kali erupsi, pada Senin (19/4/2021), aktivitas Sinabung kembali meningkat.

Berdasarkan keterangan dari pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, kali ini peningkatan aktivitas Sinabung ditunjukkan dengan terjadinya Awan Panas Guguran (APG). Dirinya mengatakan, pihaknya mencatat aktivitas APG ini terjadi sekira pukul 12.05 WIB.

"Setelah erupsi, Sinabung mengalami satu kali awan panas guguran. Berdasarkan catatan kita, awan panas guguran ini terjadi sekira pukul 12.05 WIB," ujar Armen.

Armen menjelaskan, pada aktivitas awan panas guguran ini material yang keluar dari dalam perut Gunung Sinabung meluncur sejauh kurang lebih 1500 meter dari puncak gunung. Dirinya mengatakan, berdasarkan pengamatan secara visual awan panas guguran ini meluncur ke arah Tenggara Timur.

Baca juga: Minggu Malam, Sinabung Dua Kali Erupsi, Semburkan Kolom Abu 2.000 Meter

"Jarak luncur dadi awan panas ini kita lihat sejauh 1500 meter, dan mengarah ke Tenggara Timur," katanya.

Dirinya menjelaskan, akibat dari aktivitas awan panas guguran ini juga menyebabkan kepulan abu vulkanik yang membumbung ke atas gunung. Dirinya mengatakan, berdasarkan catatan secara visual terlihat dari aktivitas ini menimbulkan kolom abu setinggi 1000 meter.

"Kolom abunya kita amati secara visual setinggi 1000 meter, untuk arah angin masih sama yaitu ke Tenggara Timur," pungkasnya. (cr4/Tribun-Medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved