Breaking News:

Pulau Berhala, Kepingan Surga Bahari Sumut di Batas Selat Malaka

Kenaturalan Pulau Berhala ini masih terbilang alami, dengan khas bebatuan hampir seperti gunung, keanekaragaman flora dan fauna.

HO
Pulau Berhala. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pulau Berhala, daratan terpencil yang berada terluar Indonesia di Selat Malaka nan tersohor.

Kepulauan kecil ini masih menyimpan kealamian 'Kepingan Surga Bahari' di antara hamparan laut biru di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Kenaturalan Pulau Berhala ini masih terbilang alami, dengan khas bebatuan hampir seperti gunung, keanekaragaman flora dan fauna hutan tropisnya, aneka ragam biota lautnya seperti ragam spesies ikan dan terumbu karangnya.

Baca juga: LINK Live Streaming Persija Vs Persib Final Piala Menpora, Mau Bandung Dapat Kabar Baik Jelang Duel

Udara sejuk khas pantai, angin nyiur melambaikan pepohonan kelapa, dan kejernihan air yang menentramkan jiwa jadi pesona magis bagi setiap pengunjung Pulau Berhala. 

Sokong Nenek yang letaknya bersebelahan dengan Pulau Berhala
Sokong Nenek yang letaknya bersebelahan dengan Pulau Berhala (Tribun Medan / Silfa)

Berkunjung ke Pulau Berhala bahkan mengundang perasaan memiliki pulau pribadi.

Karena, pelancong yang datang, atau mau berjuang menyiapkan waktu extra untuk menempuh jarak ke Pulau Berhala masih terbilang sedikit, tidak seramai wisatawan yang berpelesir ke Sabang, di pulau seberang Aceh. 

Baca juga: Kisruh Soal Wartawan Diusir, Ombudsman Sumut Sarankan Wali Kota Medan Segera Jumpai Jurnalis

"Pengunjung bisa berenang dan snorkeling menikmati kesegaran air laut yang jernih, melihat keanekaragaman biota laut ikan dan terumbu hingga ke dasarnya.

Di lokasi ini juga menjadi tempat penangkaran penyu yang biasanya bertelur saat musimnya," kata Tamim wisatawan Pulau Berhala kepada Tribun Medan, Selasa (20/4/2021). 

Lanjut Tamim, dengan penuh daya tarik saat bercerita, yang tak kalah indah adalah saat bisa menikmati matahari terbit dan senjakala matahari terbenam di ujung mata memandang.

Begitu juga banyak spot-spot foto yang aduhai di antaranya, dermaga kayu, gazebo-gazebo, taman dan hutan hijau khas pesisir pantai yang asri menentramkan mata. 

Pengunjung tampak berjemur menikmati suasana di Pulau Berhala
Pengunjung tampak berjemur menikmati suasana di Pulau Berhala (Tribun Medan/Silfa Humairah)
Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved