Breaking News:

Miniatur Unik dari Bambu Dibanderol mulai Rp 25 Ribu hingga Rp 600 Ribu

Dasar utama kita buat miniatur dari bambu, tapi bukan bambu sembarangan sehingga kualitasnya terjamin dan kita sudah 10 tahun kerjakan ini

Miniatur Unik dari Bambu Dibanderol mulai Rp 25 Ribu hingga Rp 600 Ribu
Tribun Medan
Miniatur dari bambu

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sanggar Seni Pojok Kampoeng, Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, mampu mengkreasikan kerajinan tangan berbentuk miniatur bernilai estetis yang dipamerkan di Bazar Ramadan Pasar Tikung, Medan.

Sanggar ini merupakan binaan UKM Labuhan Batu yang menghasilkan kerajinan tangan unik.

Syaheru, sang perajin mengungkapkan, telah mengerjakan aneka ragam miniatur dari bahan bambu selama 10 tahun, tapi untuk dipasarkan baru lima tahun.

"Dasar utama kita buat miniatur dari bambu, tapi bukan bambu sembarangan sehingga kualitasnya terjamin dan kita sudah 10 tahun kerjakan ini, tapi baru lima tahun dipasarkan," ujar Syaheru, Senin (27/4/2021).

Baca juga: Berkunjung Ke Kabupaten Dairi, Sandiaga Uno Puji Taman Wisata Iman Sebagai Miniatur Indonesia

Miniatur yang dikreasikan telah mencapai ribuan unit berbentuk  sepeda, rumah, kapal, perahu, pesawat, bus, dan lainnya.

Syaheru mengaku pemasaran produk miliknya masih sekitar Sumatera Utara dan sekitar 600 unit telah laku.

Menurutnya, daya beli dan ketertarikan masyarakat cukup meningkat baik dari masyarakat biasa mau pun para penjabat.

"Kalau penjualan masih di sekitar Sumatera Utara seperti ada pameran, event, dan kegiatan pemerintah kita ikut pasarkan miniatur, sampai pernah ada permintaan buat mobil-mobil dinas perpustakaan sehingga ada sekitar 600 unit terjual sejauh ini," katanya.

Selain itu, dalam pengerjaan miniatur ini berbeda-beda tergantung ukuran dan bentuknya seperti pesawat bisa memakan waktu setengah hari dan eskavaktor selama tiga hari.

Untuk harga juga bervariasi mulai dibanderol dari Rp 25 ribu sampai Rp 600 ribu tergantung bentuk dan ukuran miniatur.

Pantauan Tribun, para pengunjung Pasar Tikung banyak melirik hasil kerajinan tangan miniatur ini pada kegiatan Bazar Ramadan.

Penulis: Yufis Nianis Nduru
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved