Breaking News:

Masalah Sampah di Medan

Kota Medan Hasilkan 2000 Ton Sampah Perhari, Ini Cara Pemerintah Perpanjang Fungsi TPA

Masalah sampah di Kota Medan memang menjadi urusan klasik yang tak kunjung tuntas. Namun, Pemko Medan punya langkah tersendiri menangani masalah ini

Tribun Medan/Dedy Sinuhaji
TPA TERJUN - Sejumlah pemulung mencari sampah yang laku dijual di tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun, di Marelan, Medan, Jumat (18/3). Setiap hari, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Terjun, yang berada di Jalan Palu Nibung, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, kedatangan sampah sebanyak 1.500 hingga 1.600 ton, yang berasal dari sampah rumah tangga, mal, rumah sakit, pasar di Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN--Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni menyebut Kota Medan perharinya menghasilkan sampah hingga 2000 ton.

Berkaitan dengan masalah sampah ini, Husni mengatakan bahwa Pemko Medan tengah menargetkan 30 persen dari total sampah di Kota Medan per harinya tak lagi sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal ini dilakukan untuk memperpanjang fungsi TPA dan meningkatkan pengelolaan sampah berkelanjutan.

"Hari ini Pak Wali membuat terobosan untuk pembinaan sampah hulu, itu Dinas Lingkungan Hidup akan berupaya melakukan pembinaan pengelolaan sampah kepada masyarakat yaitu target kita 2025, 30 persen dari total sampah yang dihasilkan Kota Medan per harinya sudah bisa kita tuntaskan di hulu," kata Husni, Kamis (29/4/2021).

Dia mengatakan, produksi sampah di Kota Medan perharinya mencapai 2.000 ton yang sampai ke TPA.

Sementara pengelolaan sampah berkelanjutan masih belum masif, sehingga belum berdampak besar terhadap pengurangan produksi sampah.

"Untuk itu kita tingkatkan pemberdayaan masyarakat tentang pengelolaan sampah,"

"Targetnya sampah dari rumah tangga dituntaskan terlebih dahulu di tempat pemungutan sementara, dilakukan pemilahan dan menghasilkan produk yang bernilai ekonomis," terangnya Husni.

Baca juga: Sungai Bedera Sudah Mirip Parit Busuk, Air Hitam dan Dipenuhi Sampah, Warga: Kalau Bisa Dikeruk

Menurut Husni, terdapat beberapa terobosan yang akan dilakukan Pemko Medan ke depan dalam hal pengelolaan sampah.

Termasuk beberapa perlakuan (treatment) khusus yang akan digencarkan untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved