Breaking News:

Gunung Sinabung Kembali Alami Erupsi Beruntun dalam Waktu 10 Jam Terakhir

"Karena aktivitas Sinabung masih sangat tinggi dan dapat terjadi erupsi dan awan panas susulan kapan saja," katanya.

TRIBUN MEDAN
Asap sulfatara mengepul disertai guguran material vulkanik dari puncak Gunung Sinabung dari Desa Sigarang-garang, Kecamatan Namanteran, Karo, Sumatera Utara, Sabtu (21/2/2021).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Gunung api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali mengalami erupsi, Jumat (30/4/2021).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Medan, dalam kurun waktu 10 jam terakhir, tercatat Gunung Sinabung telah enam kali erupsi.

Akibatnya, gunung yang memiliki ketinggian 2.460 meter dari atas permukaan laut tersebut melontarkan abu vulkanis sejauh 1.000 meter dari puncak. 

Terkait aktivitas Gunung Sinabung, petugas PVMBG Muhammad Assory mengatakan, dari data, tercatat erupsi pertama pada pukul 01.57 WIB dini hari dengan meluncurkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter dari puncak gunung. 

"Abu dengan intensitas tebal berwarna kelabu tersebut di bawa anging condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terpantau beramplitudo 22 mm dengan durasi 3 menit 28 detik," ujarnya.

Masih dikatakan Assory, erupsi kedua terpantau pada pukul 05.16 WIB dengan menyemburkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter mengarah ke timur dan tenggara. 

Erupsi ini tercatat dengan amplitudo 44 mm dengan durasi 3 menit 50 detik. 

"Erupsi ketiga tercatat pada pukul 06.08 WIB namun kolom abu tidak teramati secara visual. Dari catatan seismograf, erupsi beramplitudo 38 mm dengan durasi 2 menit 55 detik," ungkapnya. 

Sementara, pada pukul 06.29 WIB, lanjutnya, Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi keempat dengan tinggi kolom abu teramati sejauh 500 meter dari puncak mengarah ke timur dan tenggara. 

"Erupsi keempat ini tercatat dengan amplitudo 14 mm dengan durasi 1 menit 55 detik," katanya. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved