Breaking News:

Larang Takbir Keliling, Pemkot Medan akan Tutup 32 Persimpangan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution akan melarang kegiatan takbir keliling karena dikhawatirkan ada keramaian orang sehingga berpotensi menimbulkan...

Penulis: Nana Triana (CM)
Editor: Amalia Purnama Sari (CM)
Dok. Humas Pemko Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kedua kiri) saat mengikuti Rapat Koordinasi Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Wilayah Sumut di Medan, Jumat (30/4/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com -– Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H wilayah Sumatera Utara (Sumut) di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jumat (30/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bobby mengatakan, pihaknya akan melarang kegiatan takbir keliling karena dikhawatirkan memunculkan keramaian yang berpotensi menambah kasus penularan Covid-19 di malam Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

“Sebagai upaya  mengantisipasi terjadinya keramaian guna menekan penyebaran Covid-19 pada malam takbiran, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan akan menutup 32 persimpangan yang menuju pusat Kota Medan,” tegas Bobby dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Medan, Sabtu (1/5/2021).

Bobby juga menjelaskan, larangan tersebut dikeluarkan pihaknya menyusul permintaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut agar malam takbiran pada hari raya bagi Umat Muslim tidak sampai ke luar dari areal rumah ibadah.

Baca juga: Dorong Pemerintahan Lebih Berkualitas, Pemkot Medan Hadiri Dialog Nasional SIPD dari Apeksi

Terlebih, kata dia, Kota Medan memiliki 1.115 masjid dan 653 musala, sehingga warga kota dinilai berpotensi melakukan takbir keliling.

"Saya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan takbiran keliling dan cukup melakukan di masjid-masjid saja serta tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes),” ujar Bobby.

Lebih lanjut, ia mengatakan,selain larangan takbir keliling, Pemkot Medan juga meniadakan salat Idul Fitri yang biasanya rutin digelar di Lapangan Merdeka. Ini dilakukan guna menghindari terjadinya kerumunan.

“Masyarakat dapat melaksanakan salat di masjid-masjid yang ada di sekitar tempat tinggalnya masing-masing," tambah Wali Kota Medan.

Baca juga: Hindari Penggusuran, Pemkot Medan Bantu Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi mengapresiasi langkah Wali Kota Medan dalam melakukan penutupan sejumlah persimpangan jalan saat malam takbiran.

“Saya apresiasi dan berterima kasih atas langkah Wali Kota Medan dalam melakukan penutupan persimpangan jalan di malam takbiran. Saya harapkan kabupaten kota juga melakukan hal tersebut," ujar Eddy.

Tidak hanya itu, Gubernur Sumut juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menerapkan prokes serta menghindari keramaian guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved