Breaking News:

Nikmati Keindahan Alam Sikulikap, Bisa Lakukan Kamping hingga Berswafoto

Para pengunjung dapat menikmati berbagai fasiltas yang tersedia mulai dari parkiran luas, toilet, warung, spot foto

Tribun Medan/Yufis Nianis Nduru
Suasana keindahan alam di Sikulikap, Desa Doulo, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO- Lokasi wisata Sikulikap, belakangan ini menjadi tempat liburan yang ramai dikunjungi kalangan anak muda.

Lokasinya berada di Desa Doulo, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tepatnya di bawah jurang Penatapan. 

Wisata ini, menawarkan keindahan alam serta air terjun yang alami, dikelilingi hutan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser yang berada dalam Kawasan Lau Debuk Tanah Karo.

Dalam hal ini, bila ingin menikmati air terjun setinggi 30 meter akan menempuh waktu selama 15 menit karena harus berjalan kaki menuruni beberapa tangga di tengah hutan belantara. 

Suasana keindahan alam di Sikulikap, Desa Doulo, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Suasana keindahan alam di Sikulikap, Desa Doulo, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. (Tribun Medan/Yufis Nianis Nduru)

Namun, disepanjang jalan menuju air terjun, tersedia berbagai gazebo untuk spot foto dan pondok saat beristirahat sejenak. 

Baca juga: Dapat Kuota Rp 1 Triliun, Bank Sumut Salurkan KUR Rp 240 Miliar

Salah satu pengelola Sikulikap, Kristian Ginting, mengatakan, Sikulikap merupakan hutan konservasi di bawah naungan Taman Hutan Rakyat (Tahura) yang sudah mendapatkan izin.

"Jadi destinasi ini sudah mendapatkan izin dari Tahura untuk bermitra dengan masyarakat sekitar hutan, itulah tahap awal pengembangan Sikulikap sehingga kita bermitra dengan kehutanan lalu bangun fasilitasnya untuk memajukan hutan ini," ujar Kristian.

Kristian mengungkapnya dulunya destinasi ini pernah terbengkalai beberapa tahun sehingga baru dua tahun ini mulai dikelola kembali. 

Lalu seiringnya berkembang, wisata ini telah dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah. 

Pengunjung menikmati keindahan alam di Sikulikap, Desa Doulo, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Pengunjung menikmati keindahan alam di Sikulikap, Desa Doulo, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. (TRIBUN MEDAN/YUFIS)

Wisatawan yang hendak berkunjung akan dikenakan biaya masuk tergantung transportasi. 

Halaman
12
Penulis: Yufis Nianis Nduru
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved