Breaking News:

Jelang Lebaran, Disperindag Sumut Beber Harga Sembako dan Daging di Pasaran, Berikut Rinciannya

Harga sembako dan komoditas pangan di pasar tradisional diprediksi akan stabil jelang lebaran pekan depan.

TRIBUN MEDAN
Pedagang daging saat memotong bagian daging di kios Pusat Pasar Medan, Minggu (21/3/2021). (TRIBUN MEDAN/KARTIKA) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Harga sembako dan komoditas pangan di pasar tradisional diprediksi akan stabil jelang lebaran pekan depan.

Berdasarkan catatan dari Disperindag Sumut Jumat (7/5/2021), ada kenaikan harga pada komoditas telur ayam dari harga Rp 24.828 naik 8,1 persen menjadi Rp 27.021 per kg.

Namun, untuk beberapa pasar di kota Medan seperti Pasar Simpang Limun, Pusat Pasar, Pasar Sukaramai, dan Pasar Petisah, telur ayam ras berada di posisi harga Rp 22.500 per kg. Kemudian untuk Pasar Palapa dan Pasar Sei Sikambing berada di posisi harga Rp 24 ribu per kg.

Adapun harga telur ayam tertinggi berada di daerah Padang Lawas seharga Rp 38 ribu per kg dan harga telur ayam terendah berada di Deliserdang seharga Rp 21.440 per kg.

Baca juga: TERBARU Daftar Harga Sembako Murah di Indogrosir Medan Jelang Lebaran

Sedangkan untuk harga daging ayam, enam pasar di Medan mencatat harga yang hampir mencapai Rp 30 ribu per kg.

Adapun untuk Pasar Palapa, Pusat Pasar, Pasar Sukaramai, dan Pasar Sei Sikambing berada di harga Rp 28 ribu per kg.

Namun untuk di Pasar Simpang Limun, harga daging ayam mencapai harga Rp 30 ribu dan harga tertinggi berada di Pasar Petisah dengan harga Rp 34 ribu per kg.

Namun, untuk harga daging ada memiliki ketimpangan harga untuk beberapa daerah di Sumut.

Untuk wilayah Sumut, daging sapi tertinggi berada di Madina dengan harga Rp 150 ribu per kg namun hal tersebut begitu timpang dengan harga daging terendah berada di Deliserdang seharga Rp 116 ribu per kg.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri PDN Disperindag Sumut, Barita Sihite mengungkapkan bahwa terkait ketimpangan harga daging di Madina ini sudah dilaporkan kepada Satgas Pangan Sumut.

"Untuk kasus ini sudah kita laporkan kepada Satgas Pangan Sumut untuk dapat ditindaklanjuti apa yang menjadi permasalahan. Kita prediksi ini terkait dengan Supply nya. Dilihat secara nasional, kita memang saat ini kekurangan daging sapi, biasa kan kita ada Supply dari Australia nah ini mungkin ada kendala transportasi," ungkap Barita.

Adapun harga daging sapi di kota Medan, untuk di Pasar Simpang Limun, Pasar Palapa, Pusat Pasar, Pasar Sei Sikambing, dan Pasar Sukaramai berada di harga Rp 125 ribu per kg dan harga tertinggi di pasar Petisah yang mencapai Rp 135 ribu per kg.

Dilihat dari rata-rata harga di Pasar kota Medan, harga daging sapi masih cenderung stabil tanpa ada kenaikan secara signifikan.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved