Breaking News:

Setelah Terima THR, PNS,TNI/Polri dan Pensiunan Terima Gaji Ke-13 Bulan Depan, Ini Komponennya

THR dan gaji ke-13 diberikan kepada Aparatur Negara yakni PNS dan CPNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, dan Pejabat Negara.

ilustrasi/Tribunnews/Jeprima
Setelah Terima THR, PNS,TNI/Polri dan Pensiunan Terima Gaji Ke-13 Bulan Depan, Ini Komponennya 

TRIBUN-MEDAN.COM - Setelah menikmati THR bulan ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk anggota TNI dan Polri, menerima gaji ke-13 PNS bulan depan, Juni 2021.

"Gaji ke-13 pelaksanaan pada Juni 2021," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika melakukan keterangan pers THR ASN secara daring, Kamis (29/4/2021).

Apakah tunjangan kinerja (tukin) merupakan salah satu komponen dalam pembayaran gaji ke-13?

Tukin dikenal sebagai tunjangan dengan nominal paling besar selain gaji pokok bagi banyak PNS, terutama mereka yang tidak menempati jabatan strategis atau PNS lain yang tidak mendapatkan tunjangan khusus.

Sri Mulyani menjelaskan, komponen yang ada pada gaji ke-13 PNS tahun ini yakni tunjangan pokok dan tunjangan melekat.

Artinya, pencairan gaji ke-13 akan mengecualikan komponen tukin.

"Besaran gaji ke ke-13 bagi TNI, Polri, ASN, adalah gaji pokok dan tunjangan melekat," ujar Sri Mulyani.

Ketentuan mengenai pencairan gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

Sementara, Petunjuk teknis mengenai pelaksanaan pemberian THR dan gaji ke-13 tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021.

Di dalam aturan tersebut dijelaskan, THR dan gaji ke-13 diberikan kepada Aparatur Negara yakni PNS dan CPNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, dan Pejabat Negara.

Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved