Breaking News:

Tengah Malam Gunung Sinabung Keluarkan Guguran Beruntun Dua Kali

Setelah mengalami aktivitas guguran sebanyak delapan kali pada Kamis (13/5/2021) malam tadi, aktivitas vulkanik Gunung Sinabung ternyata masih tinggi

Capture PVMBG
Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Kamis (13/5/2021). (Capture PVMBG) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Setelah mengalami aktivitas guguran sebanyak delapan kali pada Kamis (13/5/2021) malam tadi, aktivitas vulkanik Gunung Sinabung ternyata masih cukup tinggi.

Hal ini terbukti, dari adanya aktivitas guguran secara beruntun kembali pada tengah malam ini. Sepanjang Kamis ini, total tercatat 10 kali guguran.

Petugas pengamat Gunung Sinabung, Armen Putra, membenarkan peningkatan aktivitas vulkanik dari dalam perut Gunung Sinabung tengah malam ini.

Ia menjelaskan, hal ini menunjukkan jika aktivitas Sinabung hingga saat ini masih terus terpantau fluktuatif dan cukup tinggi.

"Benar tadi kembali terekam adanya aktivitas guguran, tadi guguran kembali tercatat beruntun," ujar Armen.

Baca juga: TERKINI Gunung Sinabung - Delapan Kali Aktivitas Guguran dalam 2 Jam, Tekanan Magma Cukup Tinggi

Berdasarkan catatan yang didapat dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, aktivitas guguran susulan ini terjadi sebanyak dua kali. Untuk guguran pertama, terjadi sekira pukul 22.17 WIB.

Kali ini, getaran yang ditimbulkan dari dalam perut Gunung Sinabung ini tercatat di alat pendeteksi getaran atau seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm. Dengan durasi kurang lebih selama 342 detik.

Selanjutnya, untuk aktivitas guguran kedua pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos PGA Sinabung mencatat guguran terjadi sekira pukul 22.32 WIB.

Kali ini, untuk getaran yang ditimbulkan dari dalam perut Gunung Sinabung ini tercatat di alat pendeteksi getaran atau seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm. Dengan durasi kurang lebih selama 402 detik.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved