Breaking News:

1.000 UMKM Siap Ekspor Tahun Depan, Disperindag Sumut Bentuk Export Centre

Ini kita akan menaik kelaskan UKM dengan ekspor oriented agar kita ada 1.000 ekspor terbaru dalam jangka dua tahun di tahun 2022.

KOMPAS.com/NAZAR NURDIN
Buah Durian, merupakan salah satu komoditas yang memiliki potensi eskpor. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut kian menggenjot produk-produk lokal untuk dapat menembus pasar ekspor.

Hingga saat ini, turunan dari Cruel Palm Oil (CPO) dan turunannya menjadi primadona ekspor ke berbagai negara. Tak hanya itu, Andaliman juga kini begitu diminati oleh Negara Jepang.

Dilatarbelakangi dari hal tersebut, Kadisperindag Sumut, Riadil Akhir Lubis mengungkapkan bahwa saat ini Disperindag Sumut sedang mempersiapkan untuk pembentukan Export Centre.

"Sebelumnya ada namanya Free Trade Agreement (FTA). Tapi fungsinya kita ubah jadi namanya Export Center. Salah satu bentuknya membuat sekolah ekspor. Kita sedang siapkan kurikulumnya dan bekerja sama dengan gabungan Asosiasi Ekspor Indonesia," ungkap Riadil, Senin (17/5/2021).

Dikatakan Riadil, hadirnya Export Centre ini menargetkan 1.000 UMKM naik kelas berstandar ekspor di tahun 2022.

"Kita mencontoh yang di Jawa Timur dan di Bali. Ini kita akan menaik kelaskan UKM dengan ekspor oriented agar kita ada 1.000 ekspor terbaru dalam jangka dua tahun di tahun 2022," ujarnya.

Ada pun untuk sistematika Clinic Export di Export Centre ini, Disperindag akan membentuk kelas selama satu hingga dua minggu yang dapat diikuti dari berbagai kalangan seperti karyawan BUMN, ASN, mau pun pengusaha UMKM.

"Ini udah banyak yang kita bina untuk bisa mengekspor, ada start up. Kami siap bahkan untuk membuat label, kemasan, size, dan semua itu free," tuturnya.

Riadil mengatakan bahwa saat ini pembangunan Export Centre sedang dalam tahap pembangunan final.

"Bangunan sudah ada, tinggal aksesori dan penyiapan kurikulum. Karena fungsi ini udah dari FTA kemarin," sebut Riadil.

Halaman
123
Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved