Breaking News:

Info Kesehatan

Penjelasan Dokter Gigi Fakta Sebenarnya Tempelkan Bawang Putih di Tangan Sembuhkan Sakit Gigi

Dari unggahan yang beredar, disebutkan bahwa bawang putih dapat mengurangi sakit gigi dengan cara ditempel di pergelangan tangan.

(KOMPAS.com/ DEFRIATNO NEKE )
Ilustrasi bawang putih - Penjelasan Dokter Gigi Fakta Sebenarnya Tempelkan Bawang Putih di Tangan Sembuhkan Sakit Gigi 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebuah unggahan mengenai khasiat bawang putih bisa sembuhkan sakit gigi menyebar di media sosial.

Dari unggahan yang beredar, disebutkan bahwa bawang putih dapat mengurangi sakit gigi dengan cara ditempel di pergelangan tangan.

Informasi ini awalnya diunggah salah satu akun melalui media sosial Facebook, dan akhirnya viral karena diunggah berbagai akun di sejumlah platform media sosial.

Dari informasi yang beredar, bawang putih dapat digeprek terlebih dahulu sebelum ditaruh di pergelangan tangan.

Selain itu, jika sakit gigi terasa di bagian kanan, maka bawang putih ditaruh pada pergelangan tangan kiri dan berlaku sebaliknya selama 15-20 menit.

Baca juga: Tak Disangka Manfaat Konsumsi Air Rendaman Bawang Putih Rutin 10 Hari

Baca juga: Bawang Merah Lokal Asal Samosir dan Tanah Karo Langka di Pusat Pasar Medan

Ilustrasi bawang putih.
Ilustrasi bawang putih. (HO)

Berikut bunyi informasi yang viral:

"Dari kemaren seliweran status ummahat yang pake metode bawang putih ini buat ngurangin sakit gigi, sy ucapkan terimakasih banyak. Dengan seizin Allah, begitu di praktekin langsung sembuh, alhamdulillah. Yang menderita sakit gigi menahun seperti suami sy, monggo di praktekin, baput di geprek tempelin di pergelangan tangan. Pake lakban biar galepas. Kalo sakit gigi sebelah kanan, pasang bawang putih sebelah kiri, begitu sebaliknya.  Buat yang kulitnya sensitif, cukup 15-20 menit. Takut melepuh.  Tp kalo yang kaya suami sy ini udh 1 jam malah ga mau di lepas, kulitnya kebal ga sensitif. Enak katanya anget sebadan-badan. Ampe keringetan malem2 gini, Berasa sehat katanya. Alhamdulillah pokoknya, ada pengganti obat2an kimia.

Penjelasan Dokter Gigi

Pendiri Difa Oral Health Center, Jakarta, drg Widya Apsari Sp.PM menegaskan, tak ada kaitannya bawang putih yang diletakkan di pergelangan tangan dapat menyembuhkan sakit gigi.

"Enggak ada hubungannya (bawang putih ditaruh di pergelangan tangan bisa hilangkan sakit gigi). Kan sakit gigi ya saraf di gigi, yaitu saraf trigeminal. Enggak nyambung sama saraf di tangan," kata Widya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Halaman
1234
Editor: Azis Husein Hasibuan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved