Breaking News:

News Video

Rektor UINSU Lantik 1.847 Lulusan, Sampaikan Pesan Karakter Ulul Albâb dan Selalu Menimba Ilmu

Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU) melaksanakan wisuda yang ke 76 melalui daring.

Penulis: Kristen edi sidauruk | Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melaksanakan wisuda yang ke 76 melalui daring.

Pelaksanaan wisuda ini dilakukan di Aula UINSU Jalan William Iskandar Pasar V, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, pada Selasa, (29/6/2021).

Dalam sambutan Rektor UINSU, Prof. Syahrin Harahap menyampaikan pesan pada para alumni yang baru dilantik agar menanamkan ciri-ciri orang yang berpendidikan dan mempunyai karakter ‘Ulul Albâb.

"Alumnus yang berkarakter ‘Ulul Albâb memiliki sembilan karakter yakni, Berilmu dan memiliki kesungguhan dalam mengembangkannya, Istiqâmah dalam penegakan sikap ilmiah serta konsisten dalam penerapannya, Memiliki visi keseimbangan antara pikir dan zikir, Mampu melakukan pendekatan integral-transdisipliner, Memiliki etos dinamis dan berkarakter pengabdi,"

"Bertaqwa, berwatak Prophetic (Kenabian), dan berakhlak mulia, Bersikap wasathiyyah dan memiliki wawasan kebangsaan, Bervisi hadhârî (pengembangan peradaban) dan Berpenampilan happy/contented/sa’âdah (bahagia)," ujar Syahrin.

Ia juga menyampaikan pada alumni untuk terus menimba ilmu pengetahuan kapanpun dan di manapun, meski telah selesai menyelesaikan pendidikan di kampus.

"Bagi alumni UINSU, tidak ada kata selesai dalam menuntut ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, alumni UINSU juga bertanggung jawab dalam mengembangkan ilmu dalam berbagai perspektif dan pendekatan," jelas Syahrin.

Syahrin mengatakan dengan kesadaran pentingnya menimba ilmu harus terus digelorakan dalam kalbu sebagai bentuk dari keyakinan bahwa orang yang memiliki iman dan ilmu pengetahuan akan berada pada tempat dan martabat yang tinggi.

"Dengan kedalaman ilmu yang dimiliki maka alumnus UIN Sumatera Utara akan dapat memberi kontribusi yang nyata bagi bangsa, peradaban, dan kemanusiaan," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved