Breaking News:

TRIBUNWIKI

Sejarah Kerja Tahun, Ucapan Syukur Masyarakat Karo Atas Hasil Panen

Kegiatan tahunan ini, diketahui merupakan acara yang melambangkan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang didapat selama setahun terakhir.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
HO
Muda-mudi menari tarian khas Karo pada pelaksanaan kerja tahun atau merdang merdem, di Kecamatan Munte, beberapa waktu lalu. Kerja tahun merupakan ucapan syukur masyarakat Karo atas hasil panen. 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE -Indonesia dikenal dengan beragam suku dan budayanya. Begitu juga dengan kebudayaan yang ada di masyarakat, yang sampai sekarang masih dijaga dan dilestarikan.

Bagi masyarakat suku Karo, salah satu kegiatan budaya yang sampai saat ini dilestarikan oalah kerja tahun atau yang disebut dengan Merdang Merdem.

Kegiatan tahunan ini, diketahui merupakan acara yang melambangkan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang didapat selama setahun terakhir.

Baca juga: Liga 2 2021 Ditunda, Manajemen PSMS Medan Berharap Pemain Tidak Patah Semangat

Seperti diketahui, mayoritas masyarakat yang tinggal di Kabupaten Karo tak terlepas dari aktivitas pertanian.

Pada perayaan ini, selain ucapan syukur juga terselip doa dan harapan agar hasil pertanian selama setahun ke depan kembali sukses.

"Kita tau Kabupaten Karo dikenal dengan kegiatan budayanya yang kental, salah satunya adalah kerja tahun. Di mana ini adalah bentuk syukur masyarakat atas hasil panen," ucap Kadis Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting, SP, Selasa (29/6/2021).

Berdasarkan informasi yang didapat, perayaan kerja tahun ini biasanya digelar di setiap desa-desa di Kabupaten Karo.

Pelaksanaan kerja tahun ini, juga digelar di waktu yang berbeda di setiap desanya.

Namun, seperti di Kecamatan Munte merayakan kerja tahun pada hari ke-26 beraspati medem kalender Karo yang biasanya jatuh di bulan juli.

"Di setiap desa itu berbeda-beda pelaksanaannya memang," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved