Breaking News:

Jumlah Penumpang Di Kereta Api Yang Positif Covid-19 Melalui GeNose C-19 Baru 10 Orang

Sementara itu untuk stasiun Medan sendiri sebanyak 10.945. Namun untuk jumlah calon penumpang yang positif hanya 5 orang.

Penulis: Fredy Santoso | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Penumpang saat melakukan tes GeNose C-19 di Stasiun Kereta Api Medan, Sabtu (22/5/2021). Mulai hari ini PT KAI Divre I resmi melayani tes GoNose C-19. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT KAI Divre I, wilayah Sumut mengatakan setelah hampir dua bulan membuka layanan GeNose C-19 di seluruh stasiun di Sumatera Utara, baru 10 orang calon penumpang yang terkonfirmasi Covid-19.

Humas PT KAI Divre I, Sumut Mahendro Trang Bawono menyebutkan secara keseluruhan total penumpang yang melakukan pemeriksaan GeNose C-19 di PT KAI Divre I sebanyak 24.754 orang.

Sementara itu untuk stasiun Medan sendiri sebanyak 10.945. Namun untuk jumlah calon penumpang yang positif hanya 5 orang.

"Jadi kalau untuk di Medan itu ada 5 orang. Cuma kalau keseluruhan di wilayah kami itu ada 10 orang," Kata Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono saat diwawancarai, Kamis (1/7/2021).

Lanjut Mahendro, setelah calon penumpang dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan GeNose C-19, penumpang tersebut dilarang untuk beraktivitas di area stasiun.

Baca juga: Detik-detik Pencuri Sepatu Terekam CCTV di Masjid Tanjungmorawa, Korban Terpaksa Pulang Nyeker

Nantinya tim dari PT Indofarma selaku pemeriksa akan membawa ke ruangan isolasi.

Setelah dibawa ke ruang isolasi nantinya akan diberikan arahan soal langkah medis selanjutnya. 

"Jadi sudah ada protap dari kami dan Indofarma. Mereka yang melakukan tes Genose jadi nanti akan di arahkan ke tempat isolasi yang ada di stasiun baru nanti dilakukan penyuluhan oleh tim Indofarma tersebut untuk gejalanya apa," lanjutnya.

Sementara itu, untuk langkah-langkah selanjutnya agar lebih yakin, calon penumpang akan disarankan untuk melakukan tes PCR diluar stasiun dengan mobil ambulans agar tetap menjaga protokol kesehatan.

Mahendro menuturkan usai dinyatakan positif manajemen KAI membantu mengurus pembatalan keberangkatan agar penumpang tidak kemana-mana.

"Pembatalan kami yang mengurus karena penumpang gak boleh kemana-mana dan harus diisolasi sambil diarahkan dan dari kami membantu mengurus."

Baca juga: Jaksa Bidik Pejabat PDAM Tirtalihou Simalungun, Rumah Direktur Digeledah

Sampai saat ini, PT KAI Divre I Sumut melayani layanan Genose di 6 stasiun dan total memiliki 10 unit di wilayah Divre I Sumut.

Selama dibuka sejak 22 Mei lalu, layanan itu bisa melayani 280 calon penumpang perharinya.

Layanan GeNose C-19 diminati oleh masyarakat karena harganya yang relatif murah. Untuk menggunakan sekali pakai kantong plastik harganya hanya sebesar Rp 30 ribu.

(cr25/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved