Breaking News:

Pemko Medan Ganti Secara Bertahap Truk Sampah, Dari Tipe Tipper ke Konvektor

Peremajaan sudah dimulai dari tahun 2019 yang mana selama ini kita banyak menggunakan tipper truk.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN-MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN
TRUKpengangkut sampah tipe Tipper yang sudah kusam dan tidak layak pakai, Minggu (4/7/2021) (TRIBUN-MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni mengatakan, secara bertahap, pihaknya akan mengganti truk sampah tipe tipper yang sudah kusam dan tidak layak pakai dengan truk sampah baru tipe konvektor.

"Peremajaan sudah dimulai dari tahun 2019 yang mana selama ini kita banyak menggunakan tipper truk. Tapi kita remajakan dengan truk yang namanya konvektor. Perbandingannya, satu tipe konventor setara dengan empat truk tipper," ujar Husni, Minggu (4/7/2021).

Husni mengatakan, saat ini sudah ada sebanyak 60 unit truk konvektor di Kota Medan.

"Ke depan akan teris diremajakan, Memang kita menyadari masih kurang jumlah truk ini," katanya.

Menurut Husni, secara bertahap melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan, truk sampah tipe konvektor akan terpenuhi dalam satu atau dua tahun ke depan.

"Target truk di kota Medan itu sebenarnya berdasarkan perencanaan ada 350 unit dan total kita baru punya 276 unit. Ya, secara bertahap lah dengan kemampuan APBD akan kita penuhi setahun atau dua tahun ini," jelas Husni.

Baca juga: Medan Kota Terkotor di Indonesia,Pilot Project Penanganan Sampah Domestik TPA Terjun Diluncurkan

Diketahui, pengangkutan sampah di setiap bahu jalan sering sekali terlambat. Jadwal seharusnya adalah pukul 07.00 WIB. Faktanya di lapangan masih banyak pengangkutan sampah yang dilakukan mulai pukul 09.00 WIB bahkan pukul 10.00 WIB. Hal tersebut diduga karena kurangnya armada truk pengangkut sampah di Kota Medan.

Namun, Husni membantah hal tersebut. Dikatakannya, tidak ada masalah dengan mobilisasi pengangkutan sampah di setiap bahu jalan.

"Kalau mobilisasinya sebenarnya tidak ada masalah. Paling di sisip-sisipannya saja yang belum kita perkuat. Kalau di pinggir jalan sudah diatasi semua sama kecamatan," ujarnya.

Jam Angkut Sampah Diatur Ulang

KEPALA Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kecamatan untuk mengatur ulang jadwal pengangkutan sampah.

"Jam tayang itu jpukul tujuh pagi sudah mulai bergerak sampai dengan pukul 09.00 atau 10.00 WIB untuk seluruh wilayah. Nanti coba saya pantau lah, karena hari ini kan sudah ada kewenangan kecamatan. Kita akan koordinasikan dengan wilayah untuk mengatur ulang sistem jam tayang sampah di Kota Medan," ujar Husni, Minggu (4/7).

Mengenai ketersediaan bak sampah di Kota Medan, Husni mengatakan pihaknya sedang meminta setiap Camat untuk memetakan kondisi sampah di wilayah masing-masing.

“Akan kita sediakan. Makanya hari ini kan masing-masing Camat lagi mempetakan tentang kondisi wilayah masing-masing. Kami terlebih dahulu akan memantau wilayah mana saja yang akan disediakan bak sampah,” katanya.(cr17/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved