Breaking News:

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan Resmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah yang langsung dihadiri Sultan Serdang T. Achmad Tala’a

Editor: Ismail
Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
 Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah yang langsung dihadiri Sultan Serdang T. Achmad Tala’a bersama T. Mira Sinar bertempat di Halaman Masjid Agung Thaf Sinar Basarsyah, Komplek Perkantoran Pemkab Deli Serdang, Jumat (2/7/2021) Pagi. 

TRIBUNMEDAN.ID, LUBUKPAKAM -  Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah yang langsung dihadiri Sultan Serdang T. Achmad Tala’a bersama T. Mira Sinar bertempat di Halaman Masjid Agung Thaf Sinar Basarsyah, Komplek Perkantoran Pemkab Deli Serdang, Jumat (2/7/2021) Pagi.

Peresmian Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah tersebut ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati H Ashari Tambunan, acara ini juga dihadiri Ketua TP PKK Deli Serdang Hj. Yunita Ashari Tambunan, Dandim 0204/DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara, Kajari Jabal Nur SH. MH, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Drs. M. Kasim MM, anggota DPRD Deli Serdang Rakhmadsyah, Sekdakab Darwin Zein S.Sos bersama staf ahli, asisten, para Kepala OPD,  mewakili Forkopimda Deli Serdang lainnya, Ketua MUI H Arifin Marpaung, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para ketua ormas Islam.

Bupati juga mengukuhkan Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah priode 2020-2023 yang terdiri dari Ketua H. Khairum Rizal,dan Wakil Ketua H. Agus Muliono, H. Khairul Anwar, H Herry Lubis, Sekretaris dan Wakil Sekretaris, H Surya Putra, Edi Sundowo, Bendahara, H. Syarifuddin Lubis serta berbagai bidang lainnya.

Masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, melainkan juga sebagai tempat pusat kegiatan umat Islam yang akan memancarkan cahaya Islam, menyebarkan nilai-nilai persatuan, kasih sayang antar sesama, persaudaraan, dan kerukunan umat yang merupakan nilai–nilai ajaran Islam.

"Kita berharap masjid ini akan menjadi pusat kegiatan umat didalam mempererat ukhuwah islamiyah yang bersama-sama memakmurkannya, kemudian menjadikan masjid ini juga sebagai tempat pusat pembelajaran kajian ilmu islam serta tempat wisata religi,” harap Bupati.

"Masjid agung ini, dinamakan dengan nama salah seorang Sultan Serdang yaitu Sultan Thaf Sinar Basarsyah. Beliau adalah Sultan Serdang ketiga dalam tahta mahkota Kesultanan Serdang masa pemerintahan 1817-1850 M. Seorang yang berpegang teguh pada adat melayu dan berlandaskan islam. Sikapnya yang lemah lembut, sopan, adil dan warak (alim), membuat banyak orang pedalaman ikut masuk melayu (Islam). Dimasa pemerintahan beliau Negeri Serdang mengalami kemajuan dan dikenal sampai ke luar negeri. Tuanku Thaf Sinar Basarsyah juga banyak mendirikan masjid-masjid dan beberapa madrasah. Jasa-jasa beliau inilah yang perlu kita ingat dan kita  teladani,” jelas bupati.

“Jasa-jasa beliau inilah yang perlu kita ingat dan teladani. Alangkah mulia dan beruntungnya beliau. Keberuntungan yang saya maksudkan adalah hari ini kita mengenang jasa-jasa baik beliau, mengenang semua amal baik yang dilakukannya dan Insya Allah kita jadikan teladan. Beliau dikenang karena semua jasa baiknya pada negeri Serdang,” tegas bupati.

Bupati menjabarkan, pada ornamen-ornamen Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah sangat khas dengan kebudayaan melayu, salah satunya dilihat dari atapnya berbentuk payung yang sering dipakai saat upacara adat melayu, artinya menaungi semua golongan. Tentu diartikan sebagai simbol tempat ibadah yang menaungi seluruh umat muslim. Masjid ini menjadi simbol keislaman yang ramah, moderat, dan menjadi pilar keberagaman Kabupaten Deli Serdang pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Kita bersyukur dan menyampaikan penghargaan serta terima kasih kepada keluarga Kesultanan Serdang, yang telah berkenan menghadiri sekaligus memberi izin dan restu nama Sultan Thaf Sinar Basarsyah menjadi nama Masjid Agung Deli Serdang ini.

"Peresmian masjid ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Deli Serdang ke-75. Semoga dengan adanya Masjid ini dapat mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang religius, damai dan sejahtera sejalan dengan visi misi Kabupaten Deli Serdang yang maju sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan. Mari kita makmurkan masjid ini sebagai tonggak baru bagi peningkatan kualitas umat,” kata Bupati mengakhiri sambutannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved