Breaking News:

PERNAH KEKURANGAN Oksigen Dibantu Indonesia, Cara India Atasi Kelangkaan Oksigen Medis,Perlu Ditiru?

Tak hanya Indonesia, India juga pernah mengalami kekurangan oksigen saat negeri Taj Mahal itu mengalami lonjakan sangat drastis.

Editor: Salomo Tarigan
TRIBUNNEWS.COM/IRWAN RISMAWAN
Warga ngantre mengisi tabung oksigen di Jakarta,Senin (28/6/2021). Tabung oksigen langka di tengah melonjaknya kasus covid-19 di Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com - Tak hanya Indonesia, India juga pernah mengalami kekurangan oksigen saat negeri Taj Mahal itu mengalami lonjakan sangat drastis.

Ketika kasus terkonfirmasi mencapai 400ribu per hari dan kebutuhan oksigen sangat langka, ada 5 hal yang dilakukan India ketika itu, mulai dari membatasi penggunaan oksigen non-medis hingga menerima bantuan dari negara lain, termasuk Indonesia.

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara yang berkantor di India Prof Tjandra Yoga Aditama menuturkan, hal pertama yang dilakukan pemerintah India adalah melarang sementara penggunaan oksigen cair untuk kepentingan non kesehatan.

"Pelaksanaannya pernah amat ketat dan industri lain memang tidak boleh menggunakan oksigen, bahkan disebutkan tanpa kecuali, No industry will be exempt from this order," ujarnya melalui pesan tertulisnyang diterima, Kamis (8/7/2021).

Kemudian, menginisiasi pemasangan Medical Oxygen Generation Plants di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan di negara itu.

"Tentu selanjutnya adalah mempercepat distribusi, seperti dengan Oxygen Express trains," ujar guru besar FKUI ini.

Keterlibatan, peran aktif berbagai LSM, seperti Hemkunt Foundation dengan 150 relawan, melayani sekitar 15 ribu panggilan telpon, semacam pelayanan oksigen drive-thru juga menjadi penting.

"Atau organisasi Sewa International yang menyediakan oxygen concentrator," kata dia.

BERITA TERBARU Corona Varian Delta, WHO Ungkap Semua Vaksin Covid-19 Efektif dan Disetujui

India juga menerima bantuan oksigen dari negara lain, termasuk dari Indonesia.

Amerika Serikat pernah menyumbang 1.100 silinder oksigen, Perancis juga menyumbangkan oksigen cair dan Inggris menyumbangkan oxygen concentrator.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved