Breaking News:

Raih Prestasi di Usia Muda, Menembak Kini Jadi Bagian Hidup Shiva

Saat usianya masih 19 tahun, Shiva berhasil meraih medali emas pada perhelatan South East Asia Shooting Association (SEASA).

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Tribun Medan / Chandra
ATLET menembak putri Sumut, Shiva Awallu Nissa. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Meraih prestasi di kompetisi internasional dan masih dalam usia muda tentu saja menjadi kebanggan setiap atlet. Hal ini jugalah yang dirasakan penembak Sumut, Shiva Awallu Nissa saat tampil di kompetisi bergengsi skala internasional dan berhasil meraih prestasi.

Saat usianya masih 19 tahun, Shiva berhasil meraih medali emas pada perhelatan South East Asia Shooting Association (SEASA) dan Indonesia Shooting Championship Open Tournament, tahun 2019 lalu."Sebenarnya pertandingan tersebut bikin tegang sih, karna lawannya selain dari beberapa daerah juga beberapa negara di Asia Tenggara," ujarnya kepada Tribun Medan, Kamis (8/7/2021).

Pada perhelatan itu, gadis yang akrab disapa Shiva ini mampu menciptakan rekor dengan meraih poin 550 di nomor lomba menembak 10 meter air pistol puteri.Perempuan yang lahir di Jakarta, 11 April 2000 ini mengatakan, keberhasilannya mengukir prestasi gemilang di usia belia bukanlah sebuah keberuntungan belaka. Proses menuju ke titik ini sudah ia mulai sejak usianya masih terbilang belia.

Baca juga: Persiapan Pelatda PON, Atlet Menembak Sumut Shiva Hindari Konsumsi Kopi

Perempuan yang kini berusia 21 tahun ini sudah familiar dengan olahraga menembak sejak masih duduk di kelas 3 SMP. Hal itu terjadi, karena ia sering melihat kakak sepupunya, Derli Amalia Putri, yang juga merupakan atlet menembak, berlatih.Selain itu, ia tertarik dengan olah raga yang membidik target ini karena mempunyai cita-cita sebagai Polwan."Awalnya saya lihat kakak sepupu saya ikut menembak. Dari situ saya mulai tertarik dengan menembak. Setelah saya mengikuti latihan, saya mulai suka menembak dan sekarang menembak jadi bagian dari hidup saya," ucapnya.

Dikatakan Shiva, awalnya aktif sebagai atlet saat masih SMA di Aceh. Ketika kembali ke Medan, ia masuk ke klub menembak Anugerah Shooting Club. Dari sini ia mulai berkembang menjadi atlet profesional.Pertama sekali turun ke gelanggang tahun 2015 mewakili Aceh di kompetisi Jabar Open.

Pada kompetisi itu ia langsung menyabet medali emas.Di tahun 2017 ia kembali ke Medan, dan mengikuti ajang Porkot Medan ke-9. Pada kompetisi ini ia juga menjadi juara satu di nomor lomba 10 m air pistol puteri. "Terbaru, saya akan bertanding di PON Papua, dengan nomor lomba yang sama," katanya.(cr12/Tribun-Medan.com)

BIOFILE

Nama: Shiva Awallu Nissa

Lahir: 11 April 2000

Prestasi:

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved