Breaking News:

News Video

DISTERNAK KARO Temukan Hati Sapi Tak Layak Konsumsi, Saat Cek Kondisi Hewan Kurban

Dinas Pertanian dan Peternakan (Disternak) Kabupaten Karo, melakukan inspeksi ke sejumlah lokasi penyembelihan hewan Qurban, Selasa (20/7/2021).

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: M.Andimaz Kahfi

DISTERNAK KARO Temukan Hati Sapi Tak Layak Konsumsi, Saat Cek Kondisi Hewan Kurban

TRIBUN-MEDAN.COM, KARO - Dinas Pertanian dan Peternakan (Disternak) Kabupaten Karo, melakukan inspeksi ke sejumlah lokasi penyembelihan hewan Qurban, Selasa (20/7/2021).

Diketahui, inspeksi ini dilakukan untuk melakukan pengecekan keamanan hewan kurban sebelum dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Amatan www.tribun-medan.com, inspeksi ini dilakukan oleh tim dari Disternak Karo ke beberapa Masjid yang ada di seputar Jalan Samura, Kabanjahe.

Pada inspeksi ini, tim dari Bidang Peternakan Disternak Karo fokus kepada pemeriksaan pada bagian organ dalam kambing maupun sapi yang telah disembelih.

Kepala Bidang Peternakan Disternak Karo Herni Peranginangin, menjelaskan inspeksi ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setiap kali perayaan Idul Adha.

Dirinya mengatakan, untuk memastikan kesehatan hewan kurban pihaknya melakukan dua tahapan tes.

"Hari ini kita melakukan tes antemortem dan postmortem bagi hewan kurban. Untuk tes antemortem kita periksa hewannya sebelum disembelih, dan untuk postmortem kita periksa bagian tubuhnya setelah hewan disembelih terutama bagian dalamnya," kata Herni, Selasa.

Herni menjelaskan, untuk pemeriksaan tes antemortem pihaknya melihat dari beberapa tempat yang telah dikunjungi jika hewan-hewan yang akan disembelih dalam kondisi sehat.

Namun, pada tes postmortem pihaknya menemukan ada beberapa bagian dalam terutama hati sapi yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved